Bagikan 200 Ribu Paket Sembako, Lemkapi Apresiasi Langkah Polri

Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, saat memberikan sambutan di acara penyaluran bansos di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/8/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Langkah Polri menyalurkan 200 ribu paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 disambut positif dan diapresiasi oleh Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi).

“Lemkapi mengapresiasi langkah Polri memberikan bantuan sosial yang diserahkan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono kepada masyarakat,” ungkap Direktur Lemkapi, Edi Hasibuan, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/8/2020).

Menurut Edi, masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sangat terbantu dengan langkah Polri dalam berbagi kepada sesama itu.

“Masyarakat begitu senang dan bangga melihat Polri memiliki kepedulian yang tinggi. Masyarakat yang terdampak Covid-19 saat ini sangat membutuhkan bantuan,” ujar mantan Anggota Kompolnas itu.

Edi melihat, pandemi Covid-19 telah mengubah hampir semua aspek kehidupan masyarakat. Karena itu, Edi mengatakan, langkah yang dilakukan Polri tersebut diharapkan dapat diikuti oleh elemen-elemen masyarakat lainnya, yakni saling menopang untuk dapat keluar dari krisis ekonomi akibat Covid-19.

“Bantuan yang disampaikan Wakapolri itu adalah perintah kapolri dalam membantu masyarakat,” katanya.

Seperti diketahui, penyerahan bantuan itu dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut di Lapangan Baharkam Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Bantuan sosial yang disalurkan Polri ke berbagai daerah itu mencapai 193.683 paket sembako. Terdiri dari 1.888 219 kilogram beras, 67.797 set alat APD dan 1.330.502 masker serta uang tunai Rp135,5 juta.

“Kami melihat Polri kini bukan hanya sebagai pelayan, pengayom dan pelindung, tetapi juga hadir sebagai penolong bagi masyrakat,” ungkap Edi menambahkan.