Galang Dukungan, Cawagub DKI Ini Sambangi Kediaman Budayawan Ridwan Saidi

1031
Cawagub DKI Ahmad Syaikhu mendatangi kediaman Budayawan dan Sejarahwan Ridwan Saidi di kawasan Bintaro.

MONITOR, Jakarta – Ingin mendapat dukungan menjadi wakil gubernur (wagub) DKI, salah satu calon wakil gubernur (cawagub) DKI yakni Mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu  mendatangi kediaman Budayawan dan Sejarahwan Ridwan Saidi di kawasan Bintaro.

Tokoh dan Budayawan Betawi, Mathar Kamal mengatakan, Syaikhu yang didampingi tiga orang kepercayaannya, mendatangi kediaman Ridwan Saidi, Kamis (31/1) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Dirumah Babe Ridwan Saidi, Syikhu diberi pembekalan soal sejarah peradaban Betawi/Jakarta,” ungkap Mathar kepada MONITOR.

Mathar yang merupakan teman dekat Ridwan Saidi ini mengatakan kalau Ridwan Saidi sangat respek dengan kedatangan Syaikhu. Sebab di mata Ridwan Saidi, Syaikhu adalah satu dari tiga cawagub PKS yang sepertinya paham soal adat tradisi Betawi.

“Babeh Ridwan Saidi bilang kalau Syaikhu ini orangnya paham Betawi, karena dia mau datang menemui sesepuh Betawi,” ujarnya.

Disebutkan Mathar, dikediaman Ridwan Saidi, Syaikhu diberi pembekalan sejarah peradaban Jakarta dan Ridwan Saidi berharap ada perbaikan situs-situs lama Betawi yang bisa jadi obyek wisata. Intinya adalah narasi situs wisata sejarah yang akan menarik wisatawan manca negara.

Tak hanya itu, dalam pertemuan itu, Ridwan Saidi mendukung misi Syaikhu dalam melakukan percepatan penyerapan anggaran dan reformasi birokrasi. Hal-hal yang dilihat harus ditambal oleh wagub saat ini.

Sisi lain disebutkan Mathar, usai mendapat pembekalan soal Jakarta, Syaikhu berterima kasih karena sudah medapatkan banyak masukan tentang peradaban Jakarta. Bukan saja Betawi sejak abad XIII, juga Jakarta jaman Belanda, Jepang dan Kemerdekaan.

“Peradaban asli kita sangat dihormati dan mulai hilang. Maka, apapun kerja Pemprov DKI Jakarta, termasuk reformasi birokrasi, berasas peradaban Betawi harus dilakukan,” ujar Syaikhu seperti ditirukan oleh Mathar.