PARLEMEN

IKN Ditarget Rampung 2028, Komisi II Harap Prabowo Terbitkan Keppres

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi II DPR RI M. Rifqinizamy Karsayuda menanggapi target Presiden Prabiwo yang disebut bakal menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam empat tahun. Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan rencana tersebut disampaikan dalam retret menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

Rifqinizamy menjelaskan, pada prinsipnya, Komisi II menyambut baik sikap dan pernyataan Presiden Prabowo Subianto yang memiliki target penyelesaian infrastruktur dan pembangunan ekosistem di Kawasan IKN tersebut. Karena itu, ia menegaskan Komisi II akan bekerja dengan sungguh-sungguh melalui tiga fungsi konstitusional yang dimiliki, baik dari sisi pengawasan, penganggaran, maupun legislasi.

“Dalam konteks legislasi, kami berharap Pak Prabowo segera kemudian mengeluarkan Peraturan Presiden (Keppres, red) yang merupakan turunan dari Undang-Undang IKN terkait dengan perpindahan Ibu Kota kita secara resmi dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara,” jelas Rifqinizamy dalam rekaman suara kepada Media, di Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Dalam konteks penganggaran, Komisi II berharap Badan Otorita IKN yang merupakan mitra kerja Komisi II diberikan kewenangan yang lebih. Yaitu, bukan hanya terkait dengan pengelolaan IKN tetapi juga dalam konteks pembangunan dan penataan infrastruktur.

“Kami mendengar bahwa Presiden Prabowo Subianto telah mengirim surat Presiden kepada pimpinan DPR menunjuk Saudara Basuki Hadimulyono mantan Menteri PUPR untuk menjadi kepala otorita IKN. Ini merupakan kabar baik karena Pak Basuki merupakan maestro infrastruktur Indonesia yang kami harapkan bisa mempercepat atau melakukan akselerasi terhadap pembangunan infrastruktur di IKN,” jelas Politisi Fraksi Partai NasDem ini.

“Saya sendiri insya Allah dalam waktu dekat bersama para Pimpinan Komisi II yang lain akan segera meninjau dan melakukan akselerasi lapangan terkait dengan persiapan dan perkembangan infrastruktur, penataan kawasan dan pengembangan IKN baik yang didanai melalui APBN maupun non-APBN dalam hal ini adalah investasi,” pungkasnya.

Presiden Prabowo Subianto disebut masih menunggu kesiapan sebelum resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Saat ini, kepindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara tinggal menunggu Keppres, meski Revisi UU IKN telah disahkan lewat Paripurna DPR setahun sebelumnya pada 23 Oktober 2023 lalu.

Menteri Sekretaris Kabinet (Mensesneg) Prasetyo Hadi pun mengatakan Presiden Prabowo masih mempelajari kesiapan IKN sebelum Keppres resmi diteken. Namun, dia memastikan Prabowo akan menandatanganinya setelah semuanya siap.

Meski begitu, Prasetyo tak mengungkap kesiapan yang dimaksud, termasuk progres pembangunan Istana Garuda. Begitu pula pemindahan ribuan ASN dari Jakarta ke IKN.

Recent Posts

Gunung Gamalama Pulau Ternate Semburkan Asap Putih Setinggi 150 Meter

MONITOR,Ternate - Gunung Gamalama Pulau Ternate, Maluku Utara (Malut) dikabarkan mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah…

9 jam yang lalu

Calon Bupati Mesuji Janjiakn Pemilihnya Masuk Surga, MUI: Berlebihan dan Lampaui Batas Kepatutan

MONITOR, Jakarta - Pernyataan kontroversi Calon Bupati Kabupaten Mesuji, Elfianah viral di media sosial dan…

11 jam yang lalu

Surplus Neraca Ekspor Perikanan Melonjak Jadi Kado Spesial HUT ke 25 KKP

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat surplus neraca perdagangan komoditas perikanan periode Januari-September…

13 jam yang lalu

Pengajuan Indonesia untuk Bergabung ke BRICS, DPR Sambut Positif

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI Fathi menyambut positif langkah strategis pemerintah Indonesia…

15 jam yang lalu

Kemenag Dukung Gagasan PBNU, Gus Yahya: Konsep Humanitarian Islam Sebetulnya Dipelintir

MONITOR, Jakarta - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin mendukung gagasan Humanitarian Islam…

17 jam yang lalu

Lyodra Bakal Meriahkan Pameran Retail Pertamina SMEXPO 2024

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengundang masyarakat untuk menghadiri penutupan pameran retail nasional Pertamina…

17 jam yang lalu