HUKUM

Kalah Praperadilan, Kejari Depok Keluarkan Sprindik Baru Usut Dugaan Korupsi Damkar

MONITOR, Depok – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok menegaskan akan mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (sprindik) baru terkait kasus dugaan korupsi pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok. Hal ini menyusul dikabulkannya permohonan praperadilan yang dilakukan oleh tersangka A.

“Dengan ini kami menyatakan akan kembali menerbitkan surat perintah penyidikan yang baru dan surat perintah penyidikan baru itu kemudian akan kami lakukan kembali penyidikan terhadap A,” kata Kasi Intel Kejari Depok, Andi Rio Rahmat Rahmatu dalam keteranganya kepada MONITOR, dikutip Sabtu (18/02/2023).

Andi menjelaskan, Kejaksaan Negeri Depok memberikan penghormatan kepada Pengadilan Negeri (PN) Depok dalam putusan praperadilan yang diajukan oleh pemohon. Namun, Kejari Depok juga tidak akan menyia-nyiakan usaha dan perjuangan yang dilakukan tim penyidik.

“Dalam hal ini Pidsus yang telah berupaya dengan sangat keras dan gigih untuk mengungkap satu perkara dugaan tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan Damkar Depok telah menyedot perhatian banyak pihak. Dalam kasus ini ada tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Satu tersangka sudah ditahan, dan dua tersangka lainnya telah bebas karena dinyatakan tidak bersalah usai menempuh praperadilan di Pengadilan Negeri Depok.

Adapun dua orang yang telah bebas tersebut adalah mantan pejabat pembuat komitmen sekaligus sekretaris pada Dinas Damkar Depok, Agung Sugiharti dan mantan pejabat pengadaan Damkar Depok, Wahyu Indra Santoso.

Recent Posts

Sebuah Serangan Udara Jatuh dekat Guest House MER-C di Gaza

MONITOR, Jakarta - Sebuah serangan udara menyasar sebuah bangunan rumah dekat guest house MER-C di…

2 jam yang lalu

Pertamina Merilis Competency Development Program

MONITOR, Jakarta – Pertamina merilis program barunya bernama Competency Development Program, dalam rangka meningkatkan kapabilitas perwira…

4 jam yang lalu

World Water Forum 2024, DPR bersama IPU Kolaborasi Akan Bahas Krisis Air Dunia di Bali

MONITOR, Jakarta - DPR RI bersama Forum Parlemen Dunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) akan menjadi tuan rumah…

5 jam yang lalu

Rektor UAI Sebut Perpanjangan Usia Pensiun Kapolri Masuk Akal

MONITOR, Jakarta - Perpanjangan masa jabatan perwira tinggi Polri, termasuk Kapolri, dinilai masuk akal dan…

5 jam yang lalu

Produk Fesyen dan Kriya Lokal Mampu Bersaing di Pasar Global

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan sektor industri kerajinan dan fesyen…

6 jam yang lalu

Perjuangan Sayla Dapatkan Beasiswa Kuliah di Hongkong, Menggapai Asa dari Keterbatasan

MONITOR, Jakarta - Keterbatasan tak menjadi aral bagi Sayla Maliatul Marzuqoh menjemput impiannya. Walaupun berasal…

8 jam yang lalu