Sabtu, 27 April, 2024

Impor Beras Harus Ditinjau, PKS: Jangan sampai Membusuk!

MONITOR, Jakarta – Wacana impor beras yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat, diharapkan bisa ditimbang kembali secara matang.

Desakan itu disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Slamet. Menurutnya, Indonesia harus belajar dari pengalaman yang lalu, dimana impor beras disaat produksi dalam negeri melimpah. Walhasil, beras impor membusuk dan tak bisa dikonsumsi.

“Bulog jangan sampai kasus pemusnahan dengan alasan turunnya mutu ini terulang lagi kalau kemudian kita terus impor terlepas dari alasannya dulu adanya perubahan dari Raskin menjadi apa dan lain-lain,” ujar Slamet dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Bulog, Kementan, Bapanas dan Id Food, belum lama ini.

Slamet mengatakan, kasus waktu itu harus menjadi catatan agar pemerintah tidak salah langkah. Sebab kalau tidak, Indonesia hanya akan merugi karena dikuasi pejabat tertentu yang ingin impor.

- Advertisement -

“Ini harus menjadi catatan kita berapa banyak milyar uang yang dibakar dengan pemusnahan beras itu setiap tahun, itu kan kejadian berulang. Makanya kalau ini impor terjadi Kita lihat nanti kalau terjadi pemusnahan lagi berarti ini memang niatnya impor bukan karena untuk memenuhi beras cadangan pemerintah,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER