Kamis, 28 Oktober, 2021

Warga Protes Penyegelan Bangunan Bermasalah di Jalan Tawakal Jakbar

MONITOR, Jakarta – Warga Jalan Tawakal IV, RT 06/09, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar) protes dengan kegiatan penyegelan yang dilakukan petugas gabungan Satpol PP dan Cipta Karya dan Tata Ruang (Citata) Jakbar, terhadap bangunan bermasalah yang ada di lingkungan mereka.

Pasalnya, segel yang dipasang tidak sesuai dengan harapan warga. Seharusnya segel yang dipasang adalah segel permanen bukan segel biasa yang bisa dicopot kapan saja oleh si pemilik bangunan.

Tak hanya itu, warga menilai pemasangan banner penyegelan letaknya tak sesuai dengan posisi alamat yang tertera di dalam pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Harusnya pemasangan segel letaknya di sisi bangunan yang berada di Jalan Tawakal IV, RT 06/09, Kel Tomang, Kec Grogol Petamburan sesuai dengan yang tertera dalam pengajuan IMB, bukan berada disisi bangunan yang terletak di Jalan Tawakal VIII,” ujar Juru Bicara warga Fransiscus Prihadi di lokasi kepada MONITOR, Jumat (17/9).

- Advertisement -

Atas kesalahan ini, kata Prihadi, warga pun meminta Dinas Citata Jakbar, memperbaiki posisi penempatan segel.

Sekedar diketahui, bangunan bermasalah di Jalan Tawakal IV ini, pernah disorot oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua.

Menurut Inggard, berdasarkan data yang dimilikinya, bagunan yang akan digunakan untuk tempat kos-kosan tersebut melanggar aturan dan banyak diprotes dan dikeluhkan warga sekitar.

“Jadi bangunan tersebut izinya hanya tiga lantai, namun pada kenyataannya si pemilik bangunan membangun lima lantai. Jelas disini ada aturan yang dilanggar oleh si pemilik bangunan,” ujar Inggard dalam keterangannya kepada MONITOR, Selasa (31/8).

Tak hanya itu, disebutkan Inggard, bangunan yang mengantongi IMB No:104/C.37b/31.73/-1.785.51/2019 tersebut secara kasat mata diduga melanggar Garis Sepadan Bangunan (GSB), Koefisien Dasar Bangunan (KDB ) dan Koefisien Lantai Bangunan (KLB).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER