Kiprah R.A Kartini, Sri Mulyani: Perempuan Dapat Memajukan Bangsanya

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati

MONITOR, Jakarta – Peringatan hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021 ini mencuri perhatian Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Dalam momentum ini, Sri Mulyani ingin mengingatkan berapa besarnya peran R.A Kartini dalam memperjuangan pendidikan bagi perempuan kala itu.

Dikatakan Sri Mulyani, surat Kartini kepada N.v.Z. dimuat dalam Kolonial Weekblad (Mingguan Kolonial) mengenai permintaan akses pendidikan bagi perempuan kini dinikmati oleh seluruh perempuan negeri ini, sehingga kini perempuan dapat mengenyam akses pendidikan setinggi mungkin.

“Perjuangan dan pemikiran RA Kartini, membuka kesempatan bagi perempuan generasi Ibu saya, perempuan generasi saya dan perempuan generasi yang akan datang untuk dapat menikmati pendidikan hingga jenjang tertinggi. Sehingga perempuan dapat ambil bagian dalam membangun peradaban, dalam pendidikan anak-anaknya dan ikut memajukan bangsanya,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Ia pun berpesan agar bangsa Indonesia hingga kini terus meneladani sosok R.A Kartini, guna memperjuangkan peradaban Indonesia.

“Selamat menjaga dan memelihara semangat juang Kartini, untuk Indonesia yang beradab, bermartabat, berpendidikan, adil dan makmur,” pungkas Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini.