Kamis, 25 April, 2024

14 RS TNI AD Terima Alat Laboratorium PCR Mobile

“Pemanfaatan lab Polymerase Chain Reaction mobile ini harus dimaksimalkan”

MONITOR, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, mengungkapkan bahwa sebanyak 14 Rumah Sakit (RS) TNI AD telah menerima alat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile untuk mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19.

Hal itu disampaikan Andika saat menggelar telekonferensi dengan seluruh Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) dan Kepala Zeni Kodam (Kazidam) TNI AD perihal informasi terbaru pengadaan laboratorium PCR mobile yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk 17 RS TNI AD.

“Pemanfaatan lab Polymerase Chain Reaction mobile ini harus dimaksimalkan agar bisa membantu pasien Covid-19, terutama di RS TNI AD,” ungkapnya dalam pernyataan tertulis, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Asisten Logistik (Aslog) Kasad, Mayjen TNI Jani Iswanto, menyampaikan laporan terkini terkait hal tersebut kepada Kasad bahwa dari sebanyak 17 RS TNI AD yang diberi alat laboratorium PCR, sebanyak 14 RS sudah menerima dan tiga RS lainnya menyusul, demikian juga dengan konstruksi kontainer.

- Advertisement -

“Untuk kontainer yang sudah diterima adalah RS Bandar Lampung, Kemudian RS Bratanata Jambi, RS Kencana Serang, RS Soetarto Yogyakarta, RS Wijaya Kusuma Purwokerto, RS Baladhika Husada, RS Udayana Denpasar dan RS Moh. Ridwan,” ujarnya.

Jani mengatakan, kontainer yang sudah datang tersebut, sekarang seluruhnya sedang dalam tahap instalasi, sementara yang belum datang sudah dalam perjalanan.

Dalam telekonferensi itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga menanyakan kepada salah satu Kazidam, yaitu Kolonel Czi Tri Ambodo, selaku Kazidam II/Sriwijaya perihal teknis pemasangan kontainer.

Andika ingin memastikan pemasangan kontainer tersebut tidak mengalami kendala.

“Izin melaporkan bahwa kontainer yang ada di Lampung sudah terpasang dengan baik,” kata Ambodo menjawab pertanyaan Kasad.

Dengan sudah adanya laboratorium PCR mobile itu, Andika berharap, jajarannya bisa lebih memaksimalkan penanganan pasien Covid-19 di RS TNI AD.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER