Penasehat Menteri Kelautan Perikanan Apresiasi Laboratorium Balai Uji Standar Karantina Ikan

Koordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof Rokhmin Dahuri saat mengunjungi Laboratorium BUSKIPM, Senin (12/10/2020). Foto: ist

MONITOR, Jakarta – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan berperan penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan sektor kelautan dan perikanan melalui kinerja laboratorium Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM).

“Peran laboratorium pengujian mutu hasil perikanan berperan sangat vital dalam menghasilkan hasil uji yang digunakan sebagai dasar penerbitan Health Certificate/Sertifikasi kesehatan di Unit Pelaksana Teknis di seluruh indonesia dan bersama stakeholder perikanan saling bersinergi untuk mendukung pembangunan disektor kelautan dan perikanan,” kata Kepala BUSKIPM, Woro Nur Endang Sariati dalam acara Knowledge Sharing BUSKIPM melalui BKIPM KKP yang digelar secara virtual di Kantor BUSKIPM Jakarta, Senin (12/10/2020).

Koordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan 2019-2024 Bidang Riset dan Daya Saing, Prof Rokhmin Dahuri yang hadir sebagai narasumber menyampaikan apreseiasi terhadap kinerja BUSKIPM dalam mendukung peran BKIPM di Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam sistem penjaminan kesehatan ikan dan mutu hasil perikanan melalui kegiatan validasi metode yang terstandar.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menyarankan agar BUSKIPM terus melakukan benchmarking dengan laboratorium yang ada di negara-negara maju lainnya.

Usai Knowledge sharing Prof. Rokhmin dan rombongan melakukan kunjungan ke Laboratorium BUSKIPM untuk melihat kompetensi pengujian dan kompetensi  personil laboratorium. Rokhmin Dahuri mengaku terkesan dengan laboratorium BUSKIPM sudah setara dengan laboratorium dinegara lain dan banyak keunggulan kemampuan uji yang dimiliki BUSKIPM yang tidak dimiliki laboratorium lain.

“Semoga project BUSKIPM menjadi laboratorium referens International (OIE) segera selesai, Saya mengapresiasi atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas atas jajaran pegawai BUSKIPM,” ujar Rokhmin.

“Saya berpesan Untuk semua laboratorium karantina di seluruh indonesia untuk tetap keep working hard dan best serta inovating, kunci kita untuk sukses dan berdaya saing,” tambah Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB tersebut.