NasDem Usul PSBB Transisi di Jakarta Harus Dibarengi Pergub

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino (dok: Asep Saefuddin)

MONITOR, Jakarta – Masa status penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta kembali diperpanjang. Di masa transisi ini, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar segera mengeluarkan aturan resmi berupa Peraturan Gubernur.

Wibi mengatakan, hal itu harus segera direalisasikan agar pelaksanaan PSBB transisi ini berjalan baik. Sebab, dikatakan keponakan Surya Paloh itu, hingga kini belum ada aturan resmi terkait pemberlakukan PSBB transisi tersebut.

“Oleh sebab itu kami (Fraksi NasDem) masih menunggu aturan pergub yang baru yang mengatur pemberlakuan PSBB transisi ini,” terang Wibi, Jumat (5/6).

Wibi pun mengakui kalau penerapan PSBB di Jakarta selama tiga tahap bisa dibilang ampuh dalam menekan pandemi Covid-19 di Jakarta. Oleh karena itu, lanjut dia, keberhasilan itu harus dilanjutkan saat menjalankan PSBB transisi.

“Sama dengan pelaksanaan PSBB sebelumnya. Di PSBB transisi ini, tingkat kedisiplinan warga Jakarta sangat dibutuhkan, dan saya sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah patuh mengikuti protokoler kesehatan selama ini,” ungkapnya.

“PSBB tapi warganya ‘bandel’ akan percuma dan tidak mungkin Jakarta bisa pulih,” tegasnya.

Wibi pun menilai jika PSBB transisi adalah langkah persiapan menuju new normal.

“Kesempatan ini harus digunakan sebaik mungkin untuk menyempurnakan segala bentuk protokol kesehatan menuju new normal. Jadi, peran semua pihak dibutuhkan untuk bisa ‘mengusir’ Corona dari Ibu Kota,” pungkasnya.