Sabtu, 20 April, 2024

PBNU Berharap Kabareskrim Terpilih Dekat dengan Kyai dan Mengayomi Umat

MONITOR, Jakarta – Semua kalangan hingga kini masih menantikan sosok yang bakal terpilih menggantikan Idham Aziz sebagai Kabareskrim. Wacana mengenai calon Kabareskrim hingga kini masih dibahas di internal Polri.

Mengenai sosok yang pantas menjadi Kabareskrim, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) berharap, figur tersebut dekat dengan para Kyai sehingga bisa mengayomi umat.

“PBNU tidak bisa mengintervensi Polri dalam memilih dan menentukan Kabareskrim baru. PBNU menyerahkan semua mekanisme pemilihannya kepada Polri. Hanya saja PBNU berharap Kabareskrim baru punya program kerja yang berkaitan dengan keumatan,” ujar Rais Syuriah PBNU Kiyai Mustofa Aqil Siradj, Kamis (7/11/2019).

Bicara soal keumatan, kata Kiyai Mustofa, tentunya bicara bagaimana caranya umat yang ada di negeri ini bisa hidup damai, tenteram dan bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang.

- Advertisement -

“Tentunya untuk bisa mengayomi umat, sosok Kabareskrim terpilih nantinya tidak perlu sungkan melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan ulama,” terangnya.

Menyingung soal penanganan radikalisme, ia menyebutkan hal itu adalah tanggungjawab bersama, bukan hanya mengandalkan pihak kepolisian. Menurutnya, semua kalangan memiliki kepentingan untuk mencegahnya.

“Karena saya melihat berbicara radikalisme adalah berbicara kepentingan juga. Ada kepentingan agama, ada kepentingan politik dan ada juga kepentingan lainnya,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER