Minggu, 28 April, 2024

IPW: Rotasi PJU Polri terkait Posisi Wakapolri dan Kabareskrim sudah Tepat

MONITOR, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi Pejabat Utama (PJU) Polri yang menempatkan Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri dan Komjen Wahyu Widada menjadi Kabareskrim. Terkait dengan hal tersebut Indonesia Police Watch (IPW) menilai rotasi yang dilakukan merupakan penempatan posisi yang tepat.

“IPW memandang rotasi Pejabat Utama (PJU) Polri yang menempatkan Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri dan Komjen Wahyu Widada menjadi Kabareskrim adalah penempatan posisi yang tepat,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulisnya kepada media, Selasa (27/6/2023).

Sebab, terang Sugeng posisi Wakapolri harus diisi oleh perwira tinggi Polri senior dan Komjen Agus Andrianto perwira tinggi Polri Angkatan 89 sudah tepat menempati posisi Wakapolri pasalnya posisi wakapolri harus dapat mengkonsolidir dan menjaga soliditas intermal Polri dimana terdapat para Pati Polri yang senior yang masih menjabat dalam posisi-posisi kunci di Polri..

Sugeng mengatakan beberapa saat menjelang pengisian jabatan Wakapolri yang akan ditinggalkan oleh Komjen Gatot Edy Pramono karena akan pensiun jagat media ramai dengan munculnya isue LHKPN dan kasus ismail Bolong yang ditujukan pada Komjen Agus Andrianto.

- Advertisement -

“Dalam kaitan ramainya isue tersebut IPW melihat bahwa dengan diangkatnya Komjen Agus Andrianto dalam jabatan Wakapolri maka harus dipandang isue tersebut dinyatakan sudah dipertimbangkan dan dinyatakan clear,” jelasnya.

Sementara pengangkatan Komjen Wahyu Widada, alumni akpol 91 yang meraih adhimakayasa sebagai Kabareskrim oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menurut Sugeng hal tersebut menunjukkan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat responsif atas situasi berkembang ditengah masyarakat yang merindukan fungsi penegakan Hukum Polri Profesional dan berkeadilan, menjauhi penyalahgunaan wewenang, tajam kebawah dan tumpul keatas.

“Sebab, berdasarkan catatan IPW dan data dari Kompolnas menyatakan kalau pengaduan masyarakat yang terbesar adalah keluhan terkait penyalah gunaan kewenangan dalam bidang penegakan hukum oleh Polri dalam fungsi Gakum,” tuturnya.

“Sosok Komjen Wahyu Widada adalah orang yang tepat untuk menegakkan warwah institusi dan menaikkan citra Polri. Pasalnya, dia merupakan sosok yang cerdas,berwibawa , profesional dan sepi dari isu-isu negatif, disamping merupakan peraih Adhi Makayasa Polri pada angkatan 91,” tambahnya.

Dengan penempatan Wakapolri dan Kabareskrim yang baru ini, IPW berharap tugas Polri dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan memberi perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik sesuai dengan Program Presisi Polri.

“Dengan begitu ke depan, citra Polri dan kepercayaan Publik terhadap Polri tetap terjaga melalui pembenahan-pembenahan dan bersih-bersih yang terus dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit,” pungkas Sugeng.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER