Hewan Kurban Meningkat Signifikan, Sesjen DPR: Upaya Meneladani Ritual Nabi Ibrahim

13
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar Foto : Oji/mr (DPR RI)

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sesjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan bahwa hewan kurban yang diterima Masjid Baiturrahman, Komplek Parlemen, Senayan tahun ini mengalami peningkatan.

“Tahun ini ada peningkatan signifikan. Ada 11 sapi dan 7 kambing baik dari pimpinan DPR, DPD, MPR, dan fraksi-fraksi, bahkan para wartawan. Partisipasi qurban meningkat dengan cukup baik,” kata Indra pasca menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia, di Senin (12/8).

Menurut dia, ada 11 sapi dan 7 kambing yang disembilih untuk dibagikan kepada para mustahik yang ditargetkan mencapai 4000 paket daging kurban. Ia juga menuturkan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyumbang satu sapi, begitu juga Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, dan Mekar Melati Utut Adianto, masing-masing menyumbang satu sapi. Sekjen DPR RI sendiri menyumbang satu kambing pada kurban tahun ini.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Indra juga menyampaikan, ritual ini merupakan contoh dari ritual yang dilakukan Nabi Ibrahim AS.

“Kita sedang meneladani apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS menyangkut keikhlasan dan kerelaan berkorban. Saya kira semangat rela berkorban ini yang terus menerus dipupuk oleh bangsa Indonesia sehingga solidaritas sesama akan tetap terjaga,” pesan Indra.

Selalu ada hikmah memang saat berkurban. Ada hikmah vertikal dan hikmah horizontal yang didapat. Menurut Indra, hikmah vertikal adalah pendekatan diri kepada Allah SWT. Sementara hikmah horizontal adalah membangun solidaritas sosial terutama kepada kaum miskin agar bisa bahagia bersama.