Hari ini, Jokowi Tinjau Kembali Lokasi Alternatif Pemindahan Ibukota

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi alternatif calon Ibukota

MONITOR, Palangka Raya – Presiden Joko Widodo hari ini kembali akan meninjau lokasi alternatif yang bakal direncanakan sebagai tempat pindahnya Ibukota Republik Indonesia dari Jakarta, Rabu (8/5). Rencananya, Jokowi akan didampingi oleh Gubernur Kalteng Soegianto Sabran untuk melihat satu, dua lokasi dari atas dan dari darat.

“Titiknya besok dari atas mungkin di Katingan, Gunung Mas, dan Palangka Raya dilihat, dan kalau masih ada waktu ke Pulang Pisau,” ujar Jokowi kepada wartawan, Selasa (7/5) malam.

Terkait wacana pemindahan, Jokowi menjelaskan bahwa semua aspek harus diperhatikan dari mulai masalah sosiologi, masalah lingkungan, masalah kebencanaan, masalah yang berkaitan dengan sosial politik, hingga kebutuhan air di wilayah tersebut.

“Masalah konstruksi nanti seperti apa, semuanya akan dicek, dilihat, dikalkulasi, dihitung oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya, kemudian biar ada feeling gitu. Nah nanti dalam memutuskan bisa tidak salah,” terangnya.

Dijelaskan Jokowi, usai berkunjung dari wilayah Kaltim dan Kalteng, rencananya ia akan meninjau lokasi lain pada pekan depan.

Namun Jokowi kembali mengingatkan, bahwa visi memindahkan Ibu Kota ini sudah ada sejak zaman Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia. Dan beliau dulu memiliki keinginan untuk di Palangka Raya.

“Tapi dulu lho ya. Nah sekarang dilihat lagi,” tukas Presiden Jokowi.