Soal Kotak Suara Kardus, Ferry Batara: KPU Harus Berikan Penjelasan Pada Masyarkat

1019
Ferry Batara

MONITOR, Bekasi – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal menghitung hari, para kandidat legislatif dan calon presiden sedang giat melakukan kampanye ke masyarakat. Selain itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakuakan persiapan final jelang pesta demokrasi April nanti.

Pada Jumat (14/12/2018) KPU memperkenalkan kotak suara terbaru yang akan dipakai pada pemilu nanti. Secara bentuk tidak jauh berbeda, hanya saja bahan yang digunakan berbeda dari yang sebelumnya. Banyak kritikan terhadap kotak suara yang sekilas seperti kardus tersebut, masyarakat ramai-ramai meminta penjelasan pada KPU di lini masa.

Menanggapi hal tersebut, Ferry Batara Calon Anggota Legislatif DPR RI Dapil Jabar Barat VI menyebutkan KPU sebaiknya memberikan penjelasan pada masyarakat, karena kotak suara salah satu unsur penting untuk memastikan suara masyarakat aman dan terjamin.

“KPU harus memberikan penjelasan pada masyarakat apa dasar perubahan bahan kotak suara, dan yang lama digunakan untuk apa, dan kenapa KPU memilih bahan yang sekarang semua harus diclearkan pada masyarakat,” ujar Ferry saat dimintai keterangan di Bekasi, Minggu (16/12/2018).

Ferry Batara menambahkan kehadiran media sosial membuat masyarakat lebih aktif dalam memberikan kritikan dan saran untuk setiap kebijakan dan perdebatan politik, kabar baik untuk demokrasi di Indonesia.

“Sikap masyarakat terhadap kotak suara harus direspon KPU, keaktifan masyarakat dalam setiap kebijakan adalah sinyal positif bagi demokrasi,” tutupnya.