PDIP masih Bimbang Calonkan Menterinya di Pileg 2019

Politikus Demokrat Agus Hermanto menyambangi markas DPP PDIP (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – PDIP hingga saat ini masih melakukan pembahasan mengenai menteri dari partainya yang akan maju sebagai caleg pada Pileg 2019 mendatang.

Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga menuturkan, keputusan apakah akan mencalonkan kadernya yang menjadi menteri masih akan dibicarakan dengan sang Ketum Megawati Soekarnoputri dan menteri terkait.

“Memang kita menginginkan kader kita untuk bisa jadi calon legislatif juga ya dari menteri tapi sekali lagi tentu ini kita diskusikan lebih lanjut baik Ibu Ketum maupun para menteri kita yang jadi kader kita, yang jadi kabinet di Bapak Jokowi,” kata Eriko di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/7).

Eriko menegaskan bahwa PDIP akan mematuhi aturan yang ada terkait pencalegan. Eriko mengatakan, hal tersebut pun telah berkali-kali disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Tentu kami akan mematuhi aturan yang ada dan itu tidak mungkin kami langgar karena itu sudah jadi ketentuan. Pak Sekjen sendiri kan sudah beberapa kali menyampaikan,” ujar Eriko.

Terkait nama-nama bakal caleg (bacaleg) yang akan muncul, ia menyebut akan ada hal yang tak terduga. Sedikit membocorkan, Eriko mengatakan, ada nama-nama yang cukup popular dan memiliki kapabilitas.

“Hari-hari ini kita pakai betul-betul untuk melihat, mengkalkulasi lagi perlu saya sampaikan disini ada kejutan-kejutan ada bacaleg yang akan muncul jadi caleg yang memang cukup populer di masyarakat tapi memang prestasi, kapabilitasnya memang mempenuhi,” tandasnya.