Senin, 16 September, 2024

Visitasi Kepemimpinan Nasional, Peserta PKN II Kemenag Bertandang ke Makasar

MONITOR, Makasar – Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVII Tahun 2024 Kementerian Agama-Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, melakukan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan. VKN merupakan mata pelatihan yang wajib diiukuti bagi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional bagi Pejabat Eselon II, untuk mencetak pemimpin strategis.

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Dr. Syafi’i, M.Ag mengatakan VKN dimaksudkan agar para peserta PKN dapat menjadikan lokus yang dikunjungi sebagai best practices dan juga bad practices.

“Yang baik (best practices) dapat dicontoh menjadi lesson learnd bagaimana mengelola organisasi pemerintahan dengan good governance dan yang buruk (bad practices) menajadi pelajaran penting, untuk dihindari”, terang Syafi’i.

Pemerintah Kota Makasar di pilih karena dinilai menjadi contoh baik praktik System Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan juga pelayanan digital pada UIN Makasar. “Kota Makasar dan UIN Makasar, dinilai cocok dengan implementasi tema PKN “Digitalisasi Layanan Umat yang Premium dan Terjangkau”, kata Syafi’i.

- Advertisement -

Syafi’i berharap agar para peserta mengikuti serangkaian VKN, agar mendapatkan nilai tambah untuk memperkuat Rancangan Proyek Perubahan dan Policy Breeaf.

PKN II Angkatan XXVII 2024 diikuti oleh 59 peserta berasal dari pelbagai Kementerian/Lembaga seperti Kemenag, KPK, Sekretariat MPR, Kepolisian, Kemenkeu, Kejaksaan, dan LAN.

Peserta PKN II yang juga Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Thonang mengatakan kegiatan VKN penting dan menjadi bekal terbaik pemimpin strategis dan sekaligus dapat diimplementasikan pada unit organisasinya masing-masing.

Peserta lainnya Ruchman Basori Inspektur Wilayah II Inspektorat Jenderal Kemenag mengatakan dari Pemkot Makasar menjadi lesson learnd agar para pemimpin bisa mengimplemengtasikan kepemimpinan digital.

“Layanan pemerintah yang kompleks dan mendesak membutuhkan cara-cara digital agar efektif dan efisien, sehingga layanan menjadi cepat dan agile”, kata Ruchman.

VKN PKN II Angkatan XXVII dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 6 September 2024. 30 orang bertandang ke lokus Kota Makasar dan UIN Makasar, sementara 30 peserta lainnya ke Pulau Bali.

Turut mendampingi peserta VKN di Pemkot Makasar dan UIN Alauddin, Pembimbing dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Suseno, M. Nidjam Pusdiklat Kemenag, Ketua Panitia Drs. Suja’i, MM dan sejumlah panitia lainnya. (Humas)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER