BERITA

Aksi Bela Palestina, Civitas Akademika IPB Kecam Kekejaman Zionis Israel

MONITOR, Jakarta – Civitas academica IPB University pada hari Kamis (9/5) mengadakan Aksi Bela Palestina yang berlokasi di lapangan Telaga Inspirasi menghadap ke arah gedung rektorat AHN (Andi Hakim Nasution), IPB Dramaga, Jawa Barat.

Aksi Bela Palestina ini diinisiasi oleh IPBSJP (IPB University Student for Justice in Palestine). IPBSJP merupakan aliansi civitas academica IPB University yang ditujukan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengecam kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Zionis Israel.

Aksi dimulai pukul 8 pagi dengan rangkaian orasi dari perwakilan dosen, profesor, mahasiswa sarjana, dan mahasiswa pascasarjana IPB University. Orasi juga disampaikan dalam bahasa arab dan inggris oleh perwakilan mahasiswa.

Selain orasi, terdapat aksi simbolik penghormatan korban-korban di Palestina dengan menyusun sendal dan sepatu yang dibubuhi bunga mawar. Rangkaian acara diakhiri dengan aksi teatrikal, menampilkan warga Palestina yang terluka sementara dunia hanya diam menyaksikan.

Aksi Bela Palestina IPBSJP diikuti oleh berbagai elemen masyarakat kampus IPB University, sekitar 300 peserta dengan antusias memadati lapangan Telaga Inspirasi mengenakan atribut Indonesia-Palestina dan membentangkan poster-poster protes.

Kholid Kika Ansori selaku koordinator aksi menyampaikan pentingnya inisiasi IPBSJP dan andil perguruan tinggi dalam pembelaan Palestina.

“Gerakan Student for Justice in Palestine merupakan salah satu gerakan yang harus terus disuarakan, itu merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas kita sebagai masyarakat Perguruan Tinggi terhadap rakyat Palestina yang hingga saat ini masih dijajah oleh Zionis Israel. Masyarakat Perguruan Tinggi yang terdidik sudah seharusnya memiliki hati nurani dan akal sehat yang tidak termakan propaganda Zionis,” ujarnya.

“Kenapa harus ada aksi di IPB? Pertama dan utama, yaitu untuk ikut andil dalam pembelaan Palestina sebagai Perguruan Tinggi. Kedua, mendeklarasikan kepada masyarakat dunia bahwasanya civitas academica IPB University mengutuk keras agresi militer yang dilakukan Zionis Israel dan memberikan dukungan penuh untuk kebebasan Palestina,” tambahnya.

IPBSJP menghimbau agar civitas academica IPB University beserta masyarakat umum untuk terus menyuarakan pembelaan terhadap Palestina dan mengawal isu tersebut hingga Palestina merdeka dari penjajahan Zionis Israel.

Sebagai informasi, 214 hari genosida Zionis Israel terhadap rakyat Palestina terutama di Gaza telah menyebabkan korban jiwa lebih dari 34.488 jiwa terbunuh, termasuk 15.002 lebih anak-anak dan 9.893 perempuan, dan lebih dari 78.404 jiwa luka-luka dan cedera ringan hingga parah (informasi Kementerian Kesehatan Palestina).

Recent Posts

Sepekan Pemberangkatan Jemaah Haji, 47,5% Penerbangan Garuda Alami Keterlambatan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama melakukan evaluasi satu pekan penerbangan jemaah haji Indonesia ke Tanah…

2 jam yang lalu

Bertahap, Jemaah Haji Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah untuk Umrah Wajib

MONITOR, Jakarta - Jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang sudah berada di Madinah selama 9…

3 jam yang lalu

Kolaborasi Itjen – BPJPH Perkuat Manajemen Risiko Sertifikasi Halal

MONITOR, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berkolaborasi dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama…

3 jam yang lalu

Penguatan Kerjasama 3 Perguruan Tinggi Terkenal di NTB

MONITOR, NTB - Akademi Bisnis Lombok AKBIL, Sekolah Tinggi Ekonomi Syari'ah Harapan Bima Nusa Tenggara…

3 jam yang lalu

Jelang Pembukaan KTT World Water Forum Ke-10, Presiden Jokowi Sambut para Pemimpin Delegasi

MONITOR, Bali - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan para pemimpin delegasi yang menghadiri Konferensi Tingkat…

3 jam yang lalu

DPR: Ironi Besar, Indonesia Emas 2045 Tapi Akses Pendidikan Tinggi Dibatasi

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI Ratih Megasari Singkarru mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam…

4 jam yang lalu