Sabtu, 27 April, 2024

Ketua DPR RI Ucapkan Duka Cita Seraya Berharap Terungkap Penyebab Terjadinya Insiden Kereta Api

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani ucapkan duka cita kepada keluarga korban tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya, seraya berharap agar KAI bersama pihak terkait lainnya, segera menemukan penyebab dari insiden tersebut.

“Dukacita mendalam saya ucapkan atas tragedi kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya. Semoga korban meninggal dunia mendapat tempat terindah di sisi Tuhan, dan korban luka dapat segera diberi kesembuhan,” kata Puan dalam pesan singkatnya di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Ia juga minta PT KAI memberi pelayanan terbaik, dan  memfasilitasi seluruh kebutuhan korban dengan baik. Termasuk memfasilitasi calon penumpang yang terdampak dari insiden tabrakan kereta api tersebut.

Meski demikian, politisi dari fraksi PDI Perjuangan ini berharap agar KAI bersama pihak terkait lainnya, segera menemukan penyebab dari insiden tersebut. Dengan begitu ada evaluasi dan perbaikan terhadap sistem keamanan transportasi publik. Tidak hanya pada Kereta Api, tapi juga seluruh moda transporasi umum lainnya, termasuk di jalur darat yang rawan kecelakaan.

Dalam kesempatan ini, Puan juga meminta Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk terus melakukan pemantauan dan memastikan keamanan sistem pengelolaan di seluruh moda transportasi.

Ia juga menekankan pentingnya pemeliharaan sistem keamanan transportasi terlebih lagi saat memasuki masa arus balik libur tahun baru ini. “Pastikan seluruh protokol dijalankan sesuai standar untuk meminimalisir human error yang dapat merugikan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Pemerintah harus menjamin keselamatan warga yang melakukan mobilitas,”tegasnya.

Dengan begitu, lanjut Puan, masyarakat dapat menikmati akhir masa liburan dengan jaminan keamanan di jalanan. Untuk itu, Pemerintah, pihak pengelola jasa transportasi, Polri, dan instansi terkait diingatkan untuk memberi pelayanan terbaik.

“Saya minta seluruh SDM, petugas bekerja dengan maksimal, infrastruktur transportasi terjaga, dan sistem keamanan di jalanan selalu optimal sehingga masyarakat bisa pulang ke rumah dengan selamat dan melanjutkan aktivitasnya kembali tanpa kurang satu apapun,”pungkas Ketua DPR RI Perempuan Pertama di Indonesia ini.

Seperti diketahui, KA Turangga rute Kota Bandung-Surabaya bertabrakan dengan KA lokal Bandung Raya di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB pagi tadi. Kecelakaan itu menyebabkan empat petugas KA (masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti) meninggal dunia. Serta lebih kurang 35 orang mengalami luka-luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit. Saat peristiwa terjadi, KA Turangga membawa 287 penumpang dan KA lokal Bandung Raya mengangkut 191 penumpang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER