Jumat, 12 Juli, 2024

Puan Maharani Ajak Masyarakat Indonesia Dukung Kontingen RI di Asian Para Games 2023 China

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung kontingen RI dalam ajang Asian Para Games 2023 yang digelar di Hangzou, China. Ia menyebut dukungan dari rakyat Indonesia dapat menjadi motivasi untuk seluruh atlet dan tim Garuda yang tengah berjuang mengharumkan nama bangsa.

“Kali ini, kita memiliki alasan lebih besar untuk merasa bangga, karena para atlet terbaik kita akan berpartisipasi dalam Asian Para Games 2023. Selamat berjuang untuk garuda terbaik bangsa, ayo banggakan Ibu Pertiwi!” kata Puan Maharani, Jumat (20/10/2023).

“Ini adalah momen penuh kebanggan yang akan membawa semangat kemanusiaan dan persatuan di tengah beragamnya talenta dan keberagaman Indonesia,” lanjut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Pada Asian Para Games 2023, Indonesia mengirimkan 130 atlet yang akan berpartisipasi dalam 12 Cabang Olahraga (Cabor). Event olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet difabel ini digelar pada 22-28 Oktober 2023.

- Advertisement -

Ke-12 Cabor yang akan diikuti kontingen RI ialah, Para Archery, Blind Judo, Boccia, Lawn Bowls, Para Athletic, Para Badminton, Para Chess, Para Cycling, Para Powerlifting, Para Shooting, Para Swimming dan Para Table Tennis.

Puan pun berharap seluruh atlet dapat berjuang untuk mencapai target perolehan medali. Indonesia sendiri memasang target untuk memperoleh 19 emas, 23 perak dan 25 perunggu dalam ajang Asian Para Games tahun ini.

“Saya meyakini semangat dan dedikasi seluruh kontingen Indonesia dapat membuat target perolehan medali terpenuhi, bahkan kalau bisa melampaui target. Apalagi dengan dukungan dari seluruh rakyat,” jelas Puan.

Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018 ini mengatakan, para atlet difabel memiliki keunggulannya masing-masing dalam keterbatasan kondisi mereka. Menurut Puan, ada banyak atlet Paragames Indonesia yang memiliki kualitas mumpuni.

“Ayo jadi pahlawan bagi bangsa dan negara, dalam semangat pantang menyerah dan semangat juang yang tak pernah padam,” tuturnya.

Puan optimistis dengan capaian kontingen Indonesia dalam Asian Para Games 2023. Hal ini berkaca dalam ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja pada Juni lalu, di mana Indonesia keluar sebagai juara umum dengan torehan 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu.

“Kesuksesan tim Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja lalu bisa diteruskan hingga jenjang lebih tinggi lagi di Asian Para Games 2023 Hangzhou. Ini merupakan bekal berharga yang akan menambah semangat perjuangan seluruh atlet kita,” sebut Puan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER