Minggu, 3 Maret, 2024

Airlangga Dorong Akselerator Ekonomi Nasional Capai 6 Persen

MONITOR, Jakarta – Digitalisasi dianggap penting sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi nasional. Pesan ini disampaikan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika menghadiri Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 di Senayan JCC, Jakarta, Senin (8/5/2023) lalu.

Airlangga mengingatkan bangsa Indonesia jangan sampai terjebak dengan tingkat pendapatan menengah. Ia berharap akselerator pertumbuhan ekonomi justru harus didorong hingga mencapai 6 persen.

“Pasar domestik kita sangat besar, dan kehadiran digitalisasi penting untuk menjadi penyangga, tulang punggung, serta akselerator pertumbuhan ekonomi Indonesia yang harus kita dorong untuk mencapai 6 persen, agar kita tak terjebak dalam ‘middle income trap’,” ujar Airlangga Hartarto.

Sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari digitalisasi, kata Airlangga, pemerintah mendorong sekaligus memperluas jaringan infrastruktur, mulai menerapkan 5G, dan mendorong low orbit satellite di sejumlah daerah sehingga investasi lebih mudah, dan konektivitas tak terputus.

- Advertisement -

“Ke depan, ekonomi digital diharapkan dapat mencapai 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) kita,” imbuh mantan Menteri Perindustrian ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER