Categories: PEMERINTAHAN

Zulhas Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Usaha

MONITOR, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pentingnya generasi muda memiliki semangat berkompetisi di tengah ketidakpastian global dan perubahan yang serba cepat. Semangat berkompetisi akan menjadi modal agar dapat bersaing dengan masyarakat seluruh dunia.

Dengan teknologi digital, diharapkan generasi muda dapat tumbuh dan mengembangkan pemasaran dalam usaha mereka. Hal tersebut disampaikan saat Mendag menjadi pembicara dalam kuliah umum “Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Riau” di Universitas Muhammadiyah Riau, Senin (26/9/2022).

“Hidup itu kompetisi. Dunia ini cepat sekali berubah, bangsa yang tidak siap akan tersisih. Di depan saya ada mahasiswa-mahasiswa dengan lajunya masing-masing, ada yang lulus cepat, ada yang dapat kerja cepat, ini tergantung kompetisi yang kita lakukan. Siapa yang bisa mempersiapkan diri dengan baik, dia yang akan berhasil,” ungkap Mendag.

Dalam kuliah umum tersebut, hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Saidul Amin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Riau Yurnalis Basri, dan Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kemendag Kasan.

Mendag juga mengatakan Riau memiliki generasi muda yang kreatif. Namun ketika membangun usaha, mereka kerap menghadapi kesulitan di sisi pemasaran dan dalam membuka pasar melalui ekspor. Untuk itu, Kementerian Perdagangan memiliki program-program yang saat ini erat kaitannya dengan teknologi digital. Harapannya adalah agar usaha-usaha anak muda semakin terbantu dengan adanya platform digital.

“Di Riau, usaha-usaha anak mudanya yang khas dapat memanfaatkan platform digital, sehingga informasi mengenai usaha-usaha ini bisa tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Proses jual beli bisa dijembatani lewat platform digital dengan cepat. Sehingga, mahasiswa pun bisa membuka usaha,” kata Mendag.

Recent Posts

Akhiri Masa Bakti, Pimpinan DPR Bangga Citra DPR Naik

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan Lodewijk F. Paulus mengatakan selama…

7 jam yang lalu

Pansus Angket Haji Publish Lima Rekomendasi, Ini Tanggapan Kemenag

MONITOR, Jakarta - Pansus Angket Haji hari ini membacakan hasil kerjanya di hadapan sidang Paripurna…

8 jam yang lalu

Momen Puan Maharani Teteskan Air Mata di Rapat Terakhir DPR 2019-2024

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi kerja sama yang baik antara semua…

11 jam yang lalu

Puan Ungkap DPR 2019-2024 Selesaikan 225 Rancangan Undang-undang

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI periode 2019-2024 akan menyelesaikan masa tugasnya hari ini di…

11 jam yang lalu

KKP Raih Penghargaan dari Bareskrim Polri Atas Kinerja Penegakan Hukum

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan…

11 jam yang lalu

Rapat Paripurna Terakhir Sahkan Sejumlah UU

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Rapat Paripurna terakhir DPR Periode 2019-2024.…

11 jam yang lalu