Sabtu, 1 Oktober, 2022

Momentum Kemerdekaan RI, Sinergi Foundation Bagikan Sembako untuk Veteran

MONITOR, Bandung – Kemerdekaan merupakan salah satu hak hidup yang harus dimiliki oleh manusia. Tak terkecuali oleh para pejuang negeri yang ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. 

Masih dalam momentum kemerdekaan, Sinergi Foundation berkesempatan memberikan sembako kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Diberikannya sembako tersebut sebagai salah satu upaya untuk membahagiakan para veteran di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Sebanyak 30 paket berisi sembako dibagikan untuk para veteran di kantor nya yang berlokasi di Jalan Aceh No. 4 pada Kamis (25/08). 

Hal ini juga sekaligus upaya tanggap karena kini sejumlah veteran hidupnya masih di bawah kesejahteraan. Pada penghujung usia nya mereka hidup serba berkekurangan. Hal tersebut terlihat dari sebagian para veteran yang belum memiliki rumah sendiri dan tinggal di rumah susun. Pun para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ini rata-rata berusia antara 78 hingga 88 tahun.

“Ada yang di usia senjanya masih tidak punya rumah, dan hidup berkekurangan,” tutur Djono (88), wakil ketua LVRI Bandung. 

- Advertisement -

Lebih lanjut, Djono menambahkan, bahwa tujuan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sendiri untuk memelihara dan mengurus kesejahteraan para veteran yang tersebar di tiga puluh kecamatan yang ada di Kota Bandung. Di antara kegiatan yang dilakukan antara lain melihat kesehatan para veteran hingga ikut serta dalam mengurusi para veteran lain apabila meninggal dunia. 

“Setiap kecamatan ada ketua rantingnya, pada saat ada apa-apa pasti laporan ke kantor LVRI ini, misalnya ada kekurangan, ada yang sakit atau bahkan ada yang meninggal dunia”, tambah Djono. 

Veteran yang tergabung dalam LVRI dulunya berjuang di sejumlah kejadian yang berbeda. Terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya adalah sebagai pejuang kemerdekaan 1945, pembela Trikora, Dwikora hingga Seroja dan ditambah pejuang Anumerta. 

Saat ini kegiatan yang dilakukan oleh para veteran yang tergabung dalam LVRI, selain mendapatkan kunjungan dari masyarakat ke kantor LVRI, para veteran pun kadang diundang secara langsung oleh pihak sekolah untuk menjelaskan mengenai veteran secara rinci. 

Veteran sendiri merupakan pejuang tanah air yang telah memberikan jasa yang begitu besar terhadap kemerdekaan Indonesia untuk membela tanah air. Diharapkan generasi muda bisa memiliki semangat yang lebih untuk membela negeri seperti veteran dengan berbagai kegiatan positif yang dapat memberikan manfaat bagi kemaslahatan hidup. 

Dalam momen kemerdekaan, Sinergi Foundation berkesempatan melalui donasi yang telah disalurkan oleh masyarakat memberikan paket santunan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepara para pejuang negeri terutama saat momen Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung. 

Diharapkan kedepannya lebih banyak kegiatan lainnya yang dapat dilaksanakan kembali sebagai salah satu upaya untuk membahagiakan kehadiran veteran yang telah membantu kemerdekaan tanah air Indonesia. 

Sinergi Foundation (SF) adalah lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta Dana Sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Sinergi Foundation berkomitmen untuk mengoptimalkan semangat kolaborasi dan potensi sumberdaya lokal menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER