Jumat, 26 April, 2024

1 Ton Belalang Kembara Berhasil Ditangkap di Sumba Tengah

MONITOR, Sumba Tengah – Meski saat ini masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, namun serangan belalang kembara masih terus terjadi di Pulau Sumba. Seperti halnya di Kabupaten Sumba Tengah, belalang kembara yang berasal dari padang rumput (savana). Kondisi populasi di lapangan bervariasi dari nimfa sampai dengan dewasa.

Ledakan serangan hama Belalang Kembara(Locusta migratoria)di Pulau Sumba telah memusingkan petani dan masyarakat setempat. Serangan hama ini mengakibatkan sebagian petani terancam gagal panen bila tidak segera dikendalikan.

Populasi belalang kembara yang sangat besar ini dalam waktu yang singkat dapat menghancurkan pertanaman padi, jagung, dan komoditas tanaman pangan lainnya.

Pada penghujung Bulan April ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus secara intens menerjunkan tim Brigade Proteksi Tanaman untuk mengendalikan belalang kembara di Kabupaten Sumba Tengah.

- Advertisement -

Kementan telah melakukan monitoring menjelang Idul Fitri dan telah berkolaborasi bersama
Dinas Pertanian Sumba Tengah dan warga masyarakat Sumba Tengah turut berburu belalang kembara di beberapa kantong habitat hama tersebut.

“Alhamdulilah gerakan pengendalian (gerdal) belalang kembara kali ini berjalan dengan lancar, kami gunakan cara mekanik yaitu berburu atau menangkap belalang kembara dewasa (imago) dengan menggunakan jaring”ucap Abriani Fensionita Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Serealia (Kementan).

Oni sapaan akrab Abriani menambahkan hasil belalang tangkapan warga yang membantu gerdal akan ditimbang dan diberikan uang kompensasi.

“Perburuan kita kali ini selama sepekan berhasil menangkap sekitar 1 ton (1.000 kg) belalang kembara dewasa”, ungkap Oni.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah, Nyong Umbu Pari yang mendampingi perburuan belalang kembara tersebut menegaskan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Tengah beserta seluruh jajarannya siap berkolaborasi menangani belalang kembara dan mengamankan wilayahnya dari serbuan hama tersebut.

“Kami beserta seluruh jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah siap untuk bersama-sama dengan Tim dari pusat Kementan dan masyarakat Sumba Tengah bergotong royong mengendalikan hama belalang kembara yang kini meledak serangannya. Kami siap mengamankan Sumba tengah dari serbuan belalang kembara”, terang Pria yang biasa dipanggil Umbu Pari ini.

Umbu Pari juga menjelaskan bahwa pengendalian secara mekanik ini akan terus dilakukan selama libur Idul Fitri ini. “Meskipun suasana libur panjang, kami tetap turun ke lapangan mengawal pertanaman agar aman dari belalang kembara. Masyarakat kami turutsertakan dalam pengendalian secara mekanik.

Kalau hanya mengandalkan petugas POPT dan perangkat pemerintahan lainnya tentu ini sangat berat sehingga mau tidak mau masyarakat harus bergerak Bersama-sama”, lanjut Kadistan Sumba Tengah.

Dihubungi di Jakarta, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Mohammad Takdir Mulyadi, menyatakan bahwa untuk mengamankan Sumba dari serangan belalang kembara, saat ini harus terus dilakukan kegiatan pengelolaan hama tersebut secara komprehensif, terpadu dan bersama-sama.

“Untuk menangani ledakan serangan hama belalang kembara di Sumba ini kita harus terus bergerak bersama-sama melakukan kegiatan pengelolaan secara komprehensif dan terpadu.”tutur Takdir.

Takdir menjelaskan upaya telah lakukan, antara lain: 1. pemetaan kantong-kantong habitat tempat penetasan berikut pengendaliannya, pengamatan migrasinya, 2.eksplorasi agens hayati lokal yang potensial untuk mengendalikannya, dan 3. upaya pemulihan ekosistem yang seimbang seperti melakukan konservasi musuh alaminya (predator/pemangsanya) yang nantinya akan dapat mengendalikan populasi belalang kembara secara alami.

Senada dengan Takdir Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menegaskan kembali komitmen Kementan.

“Berdasarkan Arahan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kami turun langsung kelapangan tidak kenal libur untuk mengamankan produksi pangan.” Tegas Suwandi.

“Semua pemangku kepentingan usaha tani pangan di Sumba Tengah mempunyai kewajiban yang sama, yaitu turut serta mengendalikan serangan hama belalang kembara yang sekarang merebak ini”, tegas Suwandi.

Suwandi menjelaskan pelindungan tanaman menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah, petani, para pelaku usaha, dan masyarakat luas.

Untuk itu saya mengajak para gubernur, bupati, dan semua elemen pemerintah daerah, juga para pengusaha serta seluruh masyarakat untuk turut serta mengawal dan mendukung upaya penanganan belalang kembara dan kegiatan pelindungan pertanian lainnya, demi terwujudnya lumbung pangan nasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER