Jumat, 19 April, 2024

Pimpinan DPR Akan Kawal Tiga RUU terkait DOB Papua

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pihaknya akan terus mengomunikasikan terkait pembahasan tiga rancangan undang-undang mengenai rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.

Ketiga RUU itu yakni RUU tentang Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Provinsi Pegunungan Tengah. Hal itu disampaikan Dasco ketika menerima kunjungan dari delegasi pimpinan Majelis Rakyat Papua (MRP).

Dasco menjelaskan, pihaknya akan meminta komisi terkait yang membahas tiga RUU terkait DOB di Papua, agar mempertimbangkan pembahasannya dilakukan parsial menunggu Putusan MK.

“Memang pada 12 April lalu, rapat paripurna DPR RI sudah mengesahkan tiga RUU DOB (daerah otonom baru) sebagai RUU usul inisiatif DPR RI, tetapi dengan masukan MRP saya akan sampaikan pada pimpinan DPR lainnya, termasuk rekan-rekan di Komisi II agar mempertimbangkan penundaan RUU DOB sampai ada putusan MK,” ujar Dasco kepada awak media.

- Advertisement -

Diketahui sebelumnya, MRP telah mengajukan uji materiil terhadap UU Otsus Papua ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam sidang perdana yang digelar pada Rabu (22/9/2021) secara daring, para pemohon mendalilkan norma dalam ketentuan Pasal 6 Ayat 2, Pasal 6A, Pasal 28, Pasal 38, Pasal 59 Ayat 3, Pasal 68A, Pasal 76, dan Pasal 77 UU Otsus Papua melanggar hak konstitusional orang asli Papua.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER