Tingkatkan Imunitas, BUSKIPM Berbagi 1000 Paket Ikan untuk Masyarakat Kabupaten Bekasi

Kegiatan peduli sosial dan berbagi dilakukan bersama Kepala BUSKIPM, Woro Nur Endang Sariati, Anggota Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, Sekretaris BKIPM Hari Maryadi, beserta unsur Pemda Kabupaten Bekasi, di Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi

MONITOR, Bekasi – Dalam Rangka Bulan Mutu Karantina 2021, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) melalui BUSKIPM melakukan kegiatan peduli sosial di Desa Ciantra, Kabupaten Bekasi, Senin (3/5/2021).

Dengan mengusung tema “BUSKIPM Tingkatkan Imunitas Masyarakat Kabupaten Bekasi”, peduli sosial Bulan Mutu Karantina BUSKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 1000 paket Ikan kepada masyarakat.

Kepala BUSKIPM, Woro Nur Endang Sariati, bersama stakeholder perikanan berupaya mendorong peningkatan imunitas masyarakat Desa Ciantra di tengah pandemi Covid-19 dengan membagikan ikan Nila Beku.

“Bulan Bakti Karantina menjadi salah satu aksi KKP, khususnya BUSKIPM, untuk turut berperan aktif melawan pandemi melalui penyediaan protein ikan,” tutur Woro.

Kegiatan peduli sosial dan berbagi dilakukan bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, Sekretaris BKIPM Hari Maryadi, beserta unsur Pemda Kabupaten Bekasi, di Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

1000 Paket Ikan Nila Beku untuk Masyarakat Kabupaten Bekasi

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan ikan dari Kepala BUSKIPM kepada Dedi Mulyadi yang selanjutnya secara simbolis menyerahkan bantuan ikan kepada Masyarakat Desa Ciantra.

Dalam sambutannya, Dedi Mulyadi menyampaikan bahwa untuk penghijauan lingkungan khusunya di kabupaten bekasi dan meningkatkan konsumsi ikan yang sangat bagus untuk kesehatan.

“Di tahun yang akan datang untuk berkelanjutan dan ditingkatkan jumlah paketnya,” pesan Dedi.

Pemberian bantuan ikan Nila Beku kepada masyarakat DesaCiantra sangatlah tepat ditengah pandemi Covid 19 yang belum mereda, karena masyarakat memerlukan asupan protein untuk meningkatkan imunitasnya, dan ikan adalah makanan yang snagat tepat karena terdapat kandungan protein yang cukup tinggi.

Perlu diperhatikan pula bahwa jenis ikan yang dibagi adalah ikan yang disukai masyarakat   setempat sehingga akan maksimal. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menggerakkan perekononian mikro. Oleh karena itu Ikan yang dibagikan adalah ikan budidaya lokal dari daerah Purwakarta bukan ikan impor.

“Dengan membeli ikan hasil budidaya berarti kita juga ikut mendukung peningkatan budidaya ikan di indonesia,” tegas Woro.

Sekretaris BKIPM, Hari Maryadi menyampaikan bahwa Bulan Mutu Karantina,   kegiatan peduli sosial dengan membagikan ikan ke masyarakat selain untuk dikonsumsi sekaligus sebagai media sosialisasi cerdas memilih sumber protein karena kandungan protein pada ikan yang cukup tinggi serta meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Bulan Mutu Karantina ini dapat  membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.