POLITIK

DPR: Papua Harus Dilihat dengan Soft Approach Power

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Willy Aditya, menilai bahwa dalam melihat Papua, harus dilakukan melalui pendekatan yang halus atau lembut, bukan kekerasan.

Hal itu diungkapkan Willy saat menanggapi revisi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (UU Otsus) Papua yang diinisiasi oleh pemerintah.

“Dalam Prolegnas (2021) ada Otsus Papua, ini diinisiasi pemerintah. Hal yang paling penting adalah Papua harus dilihat dengan pendekatan soft approach power (pendekatan yang lembut) bukan hard approach power (pendekatan yang keras),” ungkapnya dalam diskusi Forum Denpasar 12 yang digelar secara daring, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Menurut Willy, jika menggunakan pendekadan yang keras atau kasar, maka akan cenderung menggunakan pendekatan militeristik terhadap Papua, padahal yang diperlukan adalah pendekatan yang lembut dan juga kultural.

Willy mencontohkan, pendekatan lembut atau kultural bisa dilakukan dengan menjadikan Papua sebagai pusat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Apa yang dikatakan Presiden Jokowi akan menjadikan Papua sebagai episentrum pembangunan SDM adalah sangat tepat,” ujarnya.

Willy juga mencontohkan langkah fisikawan Indonesia Yohanes Surya yang menjadikan anak-anak di Papua menjadi juara olimpiade sains.

Hal itu, menurut Willy, merupakan upaya membangun SDM di Papua sehingga anak-anak disana menjadi orang-orang yang hebat nantinya.

Sekadar informasi, selain Willy, hadir dalam diskusi Forum Denpasar 12 tersebut antara lain Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, peneliti CSIS Arya Fernandes, Ketua PBNU Robikin Emhas, Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini dan Ketua DPP Partai NasDem Korbid Kebijakan Publik dan Isu Strategis Suyoto.

Recent Posts

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

22 menit yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

2 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

3 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

4 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

4 jam yang lalu

Kemenpora Dukung Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23, Tapi Tidak Boleh Dikomersilkan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merespons soal isu pelarangan…

5 jam yang lalu