Kamis, 25 April, 2024

Ketum Gelora Doakan 100 Dokter yang Gugur akibat Covid-19

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta, mendoakan para dokter dan tenaga kesehatan yang gugur dalam penanganan pandemi Covid-19 diterima syahid oleh Allah SWT. Hal itu terkait dengan penjelasan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mencatat sebanyak 100 dokter meninggal dunia sejak pandemi virus corona (Covid-19) menghantam Indonesia lima bulan terakhir.

Bahkan, berdasarkan laporan IDI, seluruh dokter tersebut telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

“Mari kita berdoa agar para dokter dan tenaga kesehatan yang wafat dalam perjuangan menghadapi Covid-19 diterima sebagai syahid di sisi Allah SWT,” kata Anis dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (1/9).

Meninggalnya 100 dokter ini, sambung dia, harus menjadi momentum dan perhatian semua pihak dalam penanganan Covid-19. Sebab, sebut Anis, dokter adalah profesi dan keahlian dengan investasi waktu dan biaya yang sangat mahal. Apalagi sampai pada keahlian spesialis tertentu.

- Advertisement -

“Sudah 100 orang dokter meninggal dunia akibat Covid-19. Jadi kita ini kehilangan makna strategis, bukan hanya pada penanganan Covid-19, melainkan juga kekuatan sektor kesehatan kita,” paparnya.

Masih dikatakan mantan Presiden PKS itu, 100 dokter tersebut juga berasal dari berbagai daerah, dengan tingkat keahlian dan senioritas yang tentu dibutuhkan bagi pengembangan kesehatan di Indonesia. Termasuk, sebagian dokter juga mengajar di berbagai fakultas kedokteran dan lembaga pendidikan kesehatan.

“Sehingga kehilangan ini juga berdampak bagi pendidikan kedokteran kita. Tidak ada waktu lagi. Semua pihak harus serius melihat pandemi dan dampak strategis yang ditimbulkannya,” ujar Anis.

Dalam kesempatan ini, Anis juga menyampaikan apresiasinya kepada para jurnalis yang tidak mengenal lelah dalam mewartakan penanganan pandemi Covid-19, meskipun nyawa mereka juga terancam.

“Ternyata benar yang saya dengar, jurnalis tak kenal kata libur. Perang dan bencana pun ditembus untuk menghasilkan berita terbaik kepada publik. Kami mengapreasiasi tugas para jurnalis, salam kami untuk rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER