Jokowi Dorong Siswa Perwira TNI-Polri Bikin Terobosan

Presiden RI Joko Widodo/ dok: Instagram

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo semakin menunjukkan kegerahannya terhadap kinerja sebuah pemerintahan yang lamban dan bertele-tele. Hal itu terlihat dari arahan Presiden Jokowi kepada peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun Anggaran 2020 melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/7).

Orang nomor satu ini meminta para siswa perwira TNI-Polri untuk melakukan terobosan-terobosan sehingga memotong cara kerja yang bertele-tele dan lamban, selain itu dipastikan kinerja lebih cepat dan efisien.

“Berkali-kali saya sampaikan bahwa bukan negara besar mengalahkan negara kecil, kalau itu yang lalu iya, tetapi yang sekarang dan yang akan datang negara cepat yang akan mengalahkan negara yang lambat. Artinya, yang cepat yang akan menang,” ucap Jokowi.

Ia pun menjelaskan permasalahan tata kelola pemerintahan berada pada terlalu banyaknya peraturan yang membelenggu. Menurutnya, prosedur dan tahapan-tahapan yang terlalu banyak, serta birokrasi yang panjang acap kali menjebak kita sendiri sebagai yang membuat peraturan.

“Inilah saya kira pekerjaan besar kita ke depan, termasuk di TNI dan Polri. Dan saudara-saudara nantinya akan berada di depan karena akan menjadi pimpinan-pimpinan di TNI dan Polri,” ujarnya.

Untuk itu, Presiden mengajak para peserta yang terdiri atas siswa Sesko TNI, Sesko Angkatan, Sespimti dan Sespimmen Polri untuk berani memberikan nuansa baru dan pemikiran-pemikiran baru yang berbeda. Tak hanya itu, perwira TNI-Polri juga harus mampu menuntun dan menemukan cara-cara baru yang lebih cepat.