86 Tahun jadi Museum, Rakyat Turki Kini Bisa Shalat Jumat di Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia atau Aya Sophia di Istanbul, Turki.

MONITOR, Istanbul – Pemerintah Turki mulai memfungsikan Hagia Sophia untuk ibadah shalat Jumat perdana hari ini, 24 Juli 2020. Hagia Sophia, yang kini statusnya resmi difungsikan sebagai masjid oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan dipadati ribuan jamaah.

Dilansir dari Anadolu Agency, masjid megah ini akan dipadati kurang lebih 1.500 orang. Mereka akan menunaikan salat Jumat sekaligus upacara pembukaan situs bersejarah tersebut. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan sejumlah tokoh lainnya juga akan hadir, salah satunya Pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Devlet Bahceli.

Dalam sejarahnya, peribadatan shalat Jumat di Hagia Sophia Istanbul ini merupakan pertama kali dalam 86 tahun terakhir. Awalnya, Hagia Sophia memang berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul. Kemudian beralih fungsi menjadi masjid dari tahun 1453-1934.

Namun dalam beberapa waktu terakhir, bangunan ini difungsikan sebagai museum selama 86 tahun hingga akhirnya berubah kembali menjadi masjid pada 10 Juli 2020 oleh pemerintahan Erdogan.

Meskipun sudah beralih fungsi sebagai masjid, Hagia Sophia tetap akan menjadi destinasi menarik di Turki yang akan dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing. Apalagi, Erdogan membebaskan biaya tiket masuk untuk memasuki kawasan Hagia Sophia.