Terima Telepon Erdogan, Jokowi Berharap Indonesia-Turki Jajaki Kerjasama

Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Hubungan erat kembali ditunjukkan Indonesia-Turki pasca dibukanya masjid Hagia Sophia menjadi masjid. Ya, Presiden Jokowi menerima telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pada Minggu sore, 2 Agustus 2020, sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan ucapan selamat Idul Adha kepada orang nomor wahid tersebut. “Selamat Iduladha kepada Yang Mulia Presiden Erdogan dan Ibu Emine, dan seluruh rakyat Turki. Saya doakan Yang Mulia selalu dalam keadaan sehat,” kata Jokowi.

Hal serupa, Erdogan juga mengucapkan selamat Idul Adha kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, keduanya membahas seputar peningkatan kerja sama kedua negara, termasuk adanya kemungkinan kerja sama dalam penanganan Covid-19.

“Saya memahami, Turki berada dalam tahap lanjut untuk pengembangan vaksin. Saya senang mendengar kedua Menteri Riset dan Teknologi kita telah membahas kemungkinan kerja sama dalam hal ini,” ucap Jokowi.

Jokowi berharap kunjungan Erdogan kedepan ke Indonesia dapat merealisasikan berbagai kerja sama konkrit bilateral yang tengah dibahas para menteri dari kedua negara.

“Saya harap dalam kunjungan Yang Mulia ke Indonesia, kita dapat meluncurkan proyek-proyek konkrit tersebut,” pungkasnya.