Soal Nasib Jamaah Haji, Fadli Zon Sarankan Menag Jangan Tunggu Keputusan Saudi

Waketum Partai Gerindra Fadli Zon (dok: Twitter)

MONITOR, Jakarta – Kondisi darurat global Covid-19 kian meresahkan. Hal ini rupanya membuat Politisi Gerindra Fadli Zon khawatir tentang nasib para jamaah haji Indonesia. Pasalnya, Arab Saudi justru menghadapi lonjakan jumlah orang yang terpapar Covid-19.

Sebagaimana diketahui, per hari Rabu, 25 Maret 2020, jumlah orang terpapar di Saudi mencapai 767 kasus. Padahal, sehari sebelumnya, jumlah orang yang terpapar dilaporkan masih berada di angka 562.

Melihat kondisi ini, Fadli Zon mendesak agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk mengambil langkah proaktif tanpa harus menunggu keputusan resmi dari pemerintah Saudi.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Indonesia tidak harus selalu menunggu keputusan resmi pemerintah Arab Saudi. Kita bisa bahkan harus segera membuat keputusan sendiri berdasarkan kondisi terkini di dalam negeri serta proyeksi wabah setidaknya hingga dua bulan ke depan,” ujar Fadli Zon dalam keterangannya, belum lama ini.

Ketua BKSAP DPR ini menyarankan Menteri Agama agar segera mengambil kebijakan penting, mengingat kondisi sudah sangat genting. Ia menekankan, Indonesia harus belajar dari kasus sebelumnya yakni saat Saudi membatalkan izin umrah secara mendadak.

“Saran saya kepada Menteri Agama berhentilah menunggu keajaiban. Tak seharusnya kebijakan publik yang penting dan genting dirumuskan atas dasar harapan belaka,” tambahnya.

“Segera bikin keputusan, agar para calon jamaah haji kita segera mendapatkan kepastian. Kita semua tentu tak menginginkan ibadah jadi terhalang oleh wabah. Namun, kita sedang berada di tengah kondisi force majeure,” tegas Waketum DPP Gerindra ini.