Soal Corona, Politikus PDIP: Rekomendasi Darurat Nasional Bukan Hal Yang Berlebihan

Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris mengatakan bahwa rekomendasi darurat Nasional dari WHO kepada Indoneia bukan hal yang berlebihan.

Mengingat, sambung dia, badan kesehatan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) tersebut sudah lebih dulu menetapkan darurat global terkait penyebaran Covid-19 atau virus Corona ini. 

“Terlebih, jumlah kasus Corona di Indonesia kian hari kian meningkat cepat,” kata Charles dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, dimuat Sabtu (14/3).

Menurut wakil ketua badan kerjasama antar parlemen (BKSAP) DPR ini, rekomendasi WHO agar mengintensifkan imbauan menghindari aktivitas sosial (social distancing) juga perlu menjadi perhatian khusus, mengingat populasi penduduk Indonesia merupakan yang terbesar ke-4 di dunia, termasuk dengan kepadatan tinggi di kota-kota tertentu.

“Selain punya tanggung jawab melindungi rakyatnya dari Corona, pemerintah RI juga memiliki tanggung jawab kepada komunitas internasional untuk meredam pandemi global ini,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

“Jika Presiden Jokowi  mengatakan penyebaran Corona tidak mengenal batas negara, maka penanganan Covid-19 ini juga seharusnya tidak mengenal batas negara,” pungkas Charles seraya menjelaskan bahwa tanggung jawab internasional untuk menekan laju infeksi Corona perlu dijalankan oleh semua negara, termasuk Indonesia, dengan berkoordinasi dari WHO.