Jelang Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri Siapkan Operasi Lilin

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono

MONITOR, Jakarta – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan bahwa pihaknya telah merancang adanya Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Polri akan menggelar operasi lilin dalam waktu dekat. Operasi itu digelar untuk pengamanan Natal dan tahun baru.

“Ya tentunya kan ini bulan Desember, nanti ada operasi lilin,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono di Lapangan Udara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (4/12/2019).

Argo mengatakan operasi lilin merupakan operasi kemanusiaan dalam mengamankan arus mudik dan tempat ibadah. Dia menuturkan polisi akan bekerjasama dengan masyarakat untuk ikut serta membantu pengamanan di akhir tahun.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan untuk menciptakan rasa aman di kalangan masyarakat. Kata Argo, ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan polisi untuk mencegah kejahatan.

Dia menambahkan, dalam perencanaan itu juga akan ditetapkan wilayah Polda yang menjadi prioritas peningkatan pengamanan, baik di pusat pembelanjaan, tempat ibadah dan rekreasi hingga pengaturan lalu lintas.

“Misalnya untuk mengamankan jalur lalu lintas agar kegiatan akhir tahun tidak terjadi kemacetan, kejahatan. Jadi nanti semua kita lakukan pengamanan. Yaitu pengamanan di lokasi-lokasi perumahan, di daerah seluruh Indonesia,” lanjutnya

Argo tidak menyebut wilayah Polda mana saja yang menjadi prioritas pengamanan. Namun, ia memastikan setiap daerah akan memetakan dan melaporkan kondisi terkini keamanan wilayah masing masing.

“Nanti semua Polda kan akan melaporkan, mengidentifikasi. Tentunya kami berharap bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tidak terjadi apapun,” pungkasnya.