BUMN

Antisipasi Kendaraan ODOL, Kementerian PUPR Gandeng Polri dan Kemenhub

MONITOR, Jakarta – Mengantisipasi truk Over dimension over load (Odol) atau kelebihan muatan pada jalan tol yang kategorinya jalan nasional di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga gandeng Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan bahwa melalui nota kesepahaman ini diharapkan nantinya secara bertahap semua kendaraan Odol akan menyesuaikan, baik dari over size maupun dari beban yang diangkut.

“Tapi mungkin salah satunya tidak over load tapi jumlah lebih besar,” ujar Sugiyartanto, di Ruang Bina Karna, Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Selasa (12/11).

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama ini dengan keamanan dan ketertiban lalu lintas.

“Kita akan lakukan diskusi dengan unsur penegakan hukum lainnya. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), kunci dari kesuksesan. Itu juga yang menjadi acuan kita. Patroli jalan raya yang dikenal menjadi PJR,” ungkap dia.

Sedangkan, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan bahwa pada 2021 sudah dicanangkan Indonesia bebas ODOL.

“Jadi, untuk menguatkan komitmen ini ada perbaikan sistem SDM dan pengawasan ketat di jembatan timbang. Termasuk truk yang over loading,” tutur dia.

Budi Setiyadi berharap bahwa dengan nota kesepakatan ini secara bertahap kendaraan Odol agar bisa menyesuaikan sehingga semua pengguna jalan merasa nyaman.

Recent Posts

Kabar Baik bagi Eksportir, BPJPH-Saudi Halal Center SFDA Sinergi Saling Pengakuan Standar Halal

MONITOR, Jakarta - Kabar baik bagi para pelaku usaha dan eksportir. Pemerintah Indonesia dan Pemerintah…

22 menit yang lalu

Kendalikan Penyakit Arbovirus, DPR Dukung Pengembangan Vaksin Arboviral

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena bersama Menteri…

3 jam yang lalu

BPJS Ketenagakerjaan Catat Hasil Investasi Kuartal I-2024 Senilai Rp 12,31 Triliun

MONITOR, Jakarta - Deputi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan angka tersebut sudah memenuhi 22,36% dari total…

5 jam yang lalu

Tampil di Designed Giftionery Taiwan, Produk Dekorasi Rumah Indonesia Catatkan Potensi Transaksi Rp4,73 Miliar

MONITOR, Jakarta - Produk-produk dekorasi rumah Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar USD 295,74 ribu…

6 jam yang lalu

Memaknai Kartini, Peran Penting Perwira Pertamina Untuk Keluarga

MONITOR, Jakarta – Peringatan Hari Kartini di Pertamina bukan hanya mengangkat semangat perempuan untuk berkarya, tetapi…

15 jam yang lalu

Miliki Teaching Factory, Kampus Kemenperin Cetak SDM Industri Inovatif

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian proaktif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) industri agar…

15 jam yang lalu