Jokowi Akan Bangun Istana Presien di Papua

52
Presiden RI, Jokowi dalam pertemuan dengan para Tokoh Papua (Foto: Instagram Jokowi)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan 61 para tokoh Papua yang menginginkan ada Istana Presiden di kota Jayapura, Papua.

Jokowi mengambil keputusan setelah berdiskusi dengan jajaran menterinya. Presiden meminta masukan karena pembangunan Istana Presiden butuh anggaran dan lahan memadai.

“Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusan tidak keliru. Nanti saya sudah bicara, ya, duitnya tidak ada. Jadi, mulai tahun depan istana ini akan dibangun,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan para Tokoh Papua, Rabu (11/9).

Proses pembangunan Istana Presiden di Jayapura mendapat restu anggota dewan setempat. Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, menghibahkan 10 hektare lahan miliknya kepada pemerintah.

‘Jika lahan sudah ada, saya kira tidak ada kesulitan lagi. Kalau tak ada halangan, Insya Allah, tahun depan Istana Presiden mulai dibangun di Papua,” tulis Jokowi di akun Instagramnya, @Jokowi.

Sebelumnya, para tokoh Papua bertemu Jokowi di Istana Negera, Jakarta, Selasa (10/9) siang. Pertemuan itu membahas sembilan tuntutan yang berkaitan dengan Papua. Beberapa di antaranya adalah pembangunan Istana Presiden di Papua, pemekaran wilayah, hingga Pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua.