Resmikan Pabrik Mobil Esemka, Jokowi Nostalgia ke Masa Lalu

13
Presiden RI, Joko Widodo meresmikan pabrik mobil esemka

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan pabrik mobil Esemka yang terletak di Kelurahan/Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat (6/9/2019).

Seperti Diketahui, peresmian pabrik mobil Esemka ini baru terealisasi saat ini. Padahal sudah direncanakan cukup lama. Saat mencoba kembali mobil Esemka, tampak Jokowi mengenang pertama kali menggunakan mobil Esemka yang akhirnya membawa dirinya masuk ke kancah politik.

“Ya seperti nostalgia lah. Saya jadi inget mobil Esemka ini menjadi mobil yang setiap hari saya gunakan,”ujar Jokowi.

Jokowi terlihat mencoba kembali mobil Esemka dengan didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Ia terlihat nyaman berada di kursi depan mobil pikap Esemka Bima. Mobil ini dibanderol dengan harga terjangkau di kisaran Rp95 juta.

Menurut Jokowi, kualitasnya cukup baik. “Ya cukup baiklah. Kurang-kurang dikit namanya produksi pertama, tapi ini sudah sangat bagus,” paparnya.

Ia menambahkan, setelah mencoba bersama Mendag Airlangga, dirasakan keadaan mobil Esemka sudah lumayan nyaman. Jokowi menegaskan, mobil Esemka menjadi unggulan brand and principle Indonesia.

Saat ditanya perbedaan mengendarai mobil Esemka jenis pikap dengan tipe Rajawali yang sempat dijadikan kendaraan dinas saat menjabat sebagai Wali Kota Solo beberapa tahun lalu, Jokowi menyebut sama dan tidak ada perbedaannya.

“Ya sama. Kalau itu kan (jenis) SUV, yang ini tadi pikap. Kan pangsa pasarnya juga lebih besar, mungkin, mungkin ya, dan manajemen sudah survei pasar yang menjanjikan ya pikap. Jadi, didahulukan,” pungkasnya.