Jumat, 29 Maret, 2024

Hentikan Semua Kerusuhan, Menko Polhukam Dialog dengan Tokoh Papua

MONITOR, Jakarta – Pemerintah terus melakukan upaya untuk meredakan panasnya situasi di Papua dan Papua Barat. Terbaru, Menko Polhukam Wiranto menyatakan bahwa situasi di wilayah tersebut berangsur-angsur pulih.

Kondisi tersebut, dikatakan Wiranto, seiring dilakukannya ruang dialog antar tokoh-tokoh dan masyarakat Papua. Dalam forum itu, Wiranto menjelaskan pemerintah akan memulihka kembali situasi yang memanas ini kembali damai.

“Tidak  dalam forum salah-menyalahkan, mencari biang keladinya, tapi berbicara bagaimana segera kita bisa menghentikan kerusuhan, situasi yang menegangkan, situasi yang panas, dan banyak merugikan kepentingan nasional ini segera bisa kita hentikan, kita pulihkan, masuk dalam suasana damai sehingga dialog dapat dilakukan,” kata Wiranto, Jumat (30/8).

Ia pun mengingatkan, jikalau ada pihak-pihak yang memercikan api kemarahan hendaknya dihentikan dan diminta untuk tenang terlebih dahulu. Mantan Ketua Umum Hanura ini mengatakan, dengan menstabilkan kondisi di Papua maka dialog akan mudah dilakukan.

- Advertisement -

“Maka rusuh dihentikan dulu, berhenti dulu, tenang dulu, maka kita baru dialog,” tegas Wiranto.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER