Rabu, 24 April, 2024

Orasi Ilmiah di Wisuda ke-95 Unesa, Rokhmin Dahuri ingatkan Pentingnya Penguasaan Teknologi Informasi

MONITOR, Surabaya – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan wisuda yang ke-95 di gedung baru Graha Unesa Kampus Lidah Wetan, Surabaya Minggu (18/8/2019).

Dalam acara 1.509 mahasiswa program diploma, strata 1, strata 2 dan doktoral diwisuda. Selain itu sekitar 5.000 tamu undangan yang mendampingi para wisuda di periode kedua tahun ini.

Wisuda kali ini, Pakar Kemaritiman yang juga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof. Rokhmin Dahuri mendapat kehormatan memberikan orasi ilmiah dihadapan ribuan wisudawan dan tamu undangan.

Guru besar fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB tersebut dalam paparannya mengajak lulusan Unesa mampu dan cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman utamanya perkembangan teknologi dan informasi.

- Advertisement -

“Sarjana sekarang harus mampu dan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Lulusan perguruan tinggi jangan hanya puas dengan perolehan akademik,” ujarnya.

Rokhmin Dahuri yang juga merupakan guru besar kehormatan Mokpo University Korea Selatan itu juga menekankan pentingnya lulusan perguruan tinggi berperan aktif memajukan masyarakat dan bangsa dengan bekal ilmu yang didapatkan selama kuliah.

Ditempat yang sama Rektor Unesa, Prof. Nurhasan M.Kes mengingatkan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjuangan. Namun justru itu adalah awal dari perjuangan yang sebenarnya. “Setelah wisuda itulah anda akan berhadapan dengan dunia yang sebenarnya, tantangan yang nyata,” jelas Prof. Nurhasan.

Karena tantangan itulah, Nurhasan percaya bahwa lulusan Unesa sudah mampu memprediksi pergerakan jaman dan membekali dirinya sejak berjibaku dengan tugas-tugas akademik mulai dari semester satu hingga pemindahan toga kebanggan hari ini.

“Syarat untuk berkompetisi dan berprestasi sudah dalam genggaman, lulusan Unesa harus membuktikan bahwa kalian mampu dan profesional,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER