Kamis, 18 April, 2024

Anies Targetkan Integrasi Moda Transportasi di Ibukota Melalui Jak Lingko

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jakarta Anies Baswedan menargetkan integrasi moda tranportasi di Ibukota melalaui Jak Lingko. Untuk mewujudkan hal tersebut Anies membutuhkan peran kolaborasi Pemprov DKI bersama Organda.

Hal tersebut diungkapkan Anies dalam acara Musyawarah Kerja Daerah I dan Musyawarah Kerja Dewan Pimpinan Unit serta Musyawarah Dewan Pimpinan Unit Taksi Organda Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa (30/7).

“Kita ingin lebih banyak lagi yang menggunakan kendaraan umum. Artinya, kita, pemerintah dan masyarakat harus melakukan kolaborasi untuk membangun sebuah ekosistem transportasi umum massal yang sehat. Sehingga, pemerintah maupun non-pemerintah yang menawarkan jasa transportasi umum massal itu sinergis dan saling mendukung,” ujar Anies.

Menurut Anies, sekitar 49 persen dari penduduk DKI Jakarta menggunakan kendaraan umum pada tahun 1998. Namun, Anies mengungkapkan sekarang ini masyarakat yang menggunakan kendaraan umum sebanyak 23-25 persen saja. Sehingga, dapat disimpulkan sementara, bahwa makin banyak penduduk Jakarta yang menggunakan kendaraan pribadi seiring berjalannya waktu.

- Advertisement -

“Nanti pada saat kita duduk bersama untuk meneruskan, menyiapkan lebih jauh lagi pengembangan sistem Jak Lingko kita, kita harus memikirkan bukan saja rasional secara pribadi kita, tapi rasional secara kolektif. Karena itu, kita menyusun sistem secara kolektif, insya Allah semua untung, tetapi mekanismenya diatur bersama. Itu yang saya harapkan nanti kita bisa wujudkan bersama lewat Organda,” imbuhnya.

Anies pun menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan sistem transportasi dengan cara membesarkan bisnis skala kecil menengah menjadi besar, bukan dengan cara mengecilkan usaha yang telah besar.

Anies juga memberikan arahan agar musyawarah antar organisasi pengelola moda transportasi massal di Jakarta dapat sejalan dengan kepentingan publik dalam menghadirkan sistem terintegrasi melalui wadah Jak Lingko.

“Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terima kasih karena Organda bersinergi dengan baik. Kita ingin terus kembangkan. Nanti kita berharap Jak Lingko jangkauannya lebih luas lagi. Bukan hanya yang kendaraan mikro, tapi yang menengah juga akan terlibat. Dan kalau itu kita bisa lakukan di seluruh Jakarta, saya yakin kita akan bisa melayani lebih dari 95 persen wilayah di DKI Jakarta. Ini perlu kerja bersama. Jadi, saya berharap dengan Organda, kita terus kerja bersama ini,” pungkas Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER