Kamis, 18 April, 2024

Khofifah Ingin Bangun Transportasi Publik di Kawasan Gerbangkertasusila

MONITOR, Jakarta – Untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, diam-diam Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa rupanya sudah menyiapkan beberapa langkah, diantaranya menyiapkan sektor transportasi publik di beberapa titik daerah di Jawa Timur.

Ia menjelaskan, sarana transportasi tersebut harus bisa memudahkan koneksitas di antara seluruh wilayah yang masuk Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Lamongan).

“Sekarang baru akan dibangun Surabaya Eastern Ring Road (SERR). Kita berharap bahwa selain SERR itu bisa dibangun maka koneksitas di antara satu kabupaten/kota dilingkungan ring 1 industri Jawa Timur itu akan disiapkan tambahan publik transportasi, termasuk di dalamnya adalah LRT (Light Rail Transit),” ujar Khofifah kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7) sore.

“Kemudian kita juga ingin menambahkan intesitas kereta komuter,” tambahnya.

- Advertisement -

Tidak hanya sampai Lamongan, lanjut Khofifah, tetapi juga sampai Tuban sekaligus untuk mengantisipasi untuk proses permohonan refinery, karena kalau sudah jalan itu pasti membutuhkan intensitas transportasi yang lebih tinggi.

“Kemudian di jalur-jalur industrial estate kita juga ingin memberikan kemudahan dan pasti itu akan memurahkan pengangkutan barang dan jasa disekitar Gerbangkertasusila,” terang Khofifah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER