Setelah Prabowo, Giliran Demokrat Tolak Penangkapan Lieus Sungkarisma

11918

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tadi malam, Senin (20/5), menjenguk aktivis Eggi Sudjana dan Lieus Sungkarisma di Polda Metro Jaya. Prabowo datang untuk mengantarkan makanan bagi keduanya.

Sayangnya, kedatangannya tak sesuai dengan jam besuk tahanan sehingga Prabowo pun tidak diizinkan bertemu kedua tokoh tersebut.

“Pak Prabowo datang untuk mengantarkan makanan buat Bang Egi dan Pak Lieus, dengan harapan atas nama kemanusiaan Polisi memberikan diskresi agar beliau bisa menjenguk dan bercakap-cakap dengan keduanya. Namun, tak diizinkan,” tutur Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak.

Mengenai penangkapan kedua tokoh yang diduga merencanakan tindakan makar ini, Wasekjen DPP Demokrat Rachland Nashidik pun angkat bicara

Rachland menyesalkan sikap aparat yang begitu mudahnya menangkap tokoh yang kritis dan vokal itu seperti halnya Lieus Sungkarisma.

“Saya sesalkan dan tolak penangkapan tokoh vokal, termasuk Lieus Sungkharisma,” ujar Rachland Nashidik, Selasa (21/5).

Ia mengatakan, polisi sebaiknya menjelaskan apa duduk perkara yang dilakukan keduanya sehingga dinilai membahayakan.

“Polisi perlu segera jelaskan apa sikap politik mereka yang membahayakan masyarakat dan memenuhi pengertian “clear and present danger”. Atau ini adalah pelanggaran serius pada kebebasan berpendapat,” tukasnya.