Kamis, 23 September, 2021

Anis Matta Prihatin Bangsa Indonesia Alami Disintegrasi Sosial

MONITOR, Jakarta – Bangsa Indonesia saat ini menghadapi tantangan baru yakni disintegrasi sosial. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta.

Anis Matta mengatakan tantangan tersebut muncul akibat pembelahan politik yang semakin dalam, mulai dari berbagai peristiwa politik yang terjadi sejak Pilpres 2014 hingga sekarang.

“Masyarakat merasakan hilangnya kenyamanan hidup bersama sebagai sebuah bangsa,” kata Anis Matta, dalam keterangannya, Jumat (11/12).

“Berbagai ancaman teritorial yang dulu pernah ada telah dijawab dengan rekonsiliasi. Di Aceh, kita melaksanakan rekonsiliasi pasca-Tsunami, di Papua kita mengintegrasikan aspirasi warga Papua dlm agenda pembangunan nasional,” sambungnya.

- Advertisement -

Menurut Anis Matta, rekonsiliasi adalah jawaban terhadap tantangan disintegrasi saat ini. Selain itu, ia mengatakan bangsa Indonesia ada karena konsensus hidup bersama untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Imajinasi, penghayatan, dan konsensus itu harus sama-sama kita rawat. Tidak ada alasan lain mengapa kita menghimpun diri dalam bangsa dan negara Indonesia, selain untuk melindungi segenap bangsa dan tanah air kita, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mencapai kemakmuran,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER