Langka di Pasaran, Harga Bawang Putih Naik Rp 80 ribu per kilogram

Ilustrasi bawang putih di pasaran

MONITOR, Jakarta –¬†Memasuki bulan suci Ramadhan, ibu-ibu rumah tangga dirisaukan dengan kenaikan harga bawang putih. Tak tanggung-tanggung, harga bawang putih di pasar saat ini tembus di angka Rp 80 ribu per kilogram.

Seperti pantauan MONITOR di Pasar Senen, Jakarta Pusat, harga bawang putih dijual Rp 80 ribu per kilogram dari harga sebelumnya yang dijual Rp 50 ribu perkilogram.

“Sudah hampir satu minggu ini harga bawang putih mengalami kenaikan,” ujar Dede salah seorang pedagang di Pasar Senen, Kamis (2/5)

Menurutnya, kelangkaan bawang putih di pasaran menjadi penyebab harga bawang putih mengalami kenaikan yang luar biasa.

“Ya, mas mungkin karena barangnya lagi sulit jadinya harga bawang putih mengalami kenaikan,” ujar Dede.

Tak hanya bawang putih, harga cabai pun diprediksi bakal mengalami kenaikan saat Ramadhan. Ini bisa dilihat dari harga cabai keriting yang hari ini sudah naik Rp 25 ribu per kilogram dari sebelumnya seharga Rp 23 ribu per kilogram.

Pedagang cabai hijau dan cabai kriting di Pasar Senen Jakarta Pusat (dok: Asep Monitor)

“Untuk cabai keriting per hari ini sudah mengalami kenaikan. Tapi untuk cabai jenis lain masih stabil dijual dengan harga Rp 25 per kilogram,” ungkapnya.

Untuk bisa mencegah kenaikan ini, sambung Dede, ia dan pedagang lainnya mengharapkan pemerintah supaya berperan aktif dalam mengawasi distribusi dan pengawasan di lapangan.