Jumat, 29 Maret, 2024

Lengkeng Varietas Kateki, Bisa Panen Setelah Tiga Tahun Ditanam

MONITOR, Jakarta – Sejalan dengan program yang digagas Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi untuk meningkatkan produksi lengkeng sebagai upaya untuk substitusi impor, Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan benih lengkeng varietas Kateki.

“Kenapa Kateki, bukan varietas lainnya? Banyak keunggulan benih varietas kateki ini, antara lain daya adaptasi tinggi, bisa ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Selain itu berumur genjah, sudah belajar berbuah pada usia 2 – 3 tahun dan mampu off season,” ujar Direktur Perbenihan Hortikultura, Sukarman.

Selain itu, lanjut Sukarman, lengkeng lokal asal Magelang ini super produktif. Pada usia 4 tahun sudah mampu panen 2 – 3 kali setahun sebanyak 75 kg per tahun. Ukuran buahnya besar, sekitar 15 – 20 gr per buah. Lengkeng kateki memiliki rasa manis, dan bunganya tahan rontok. Lengkeng ini bernilai ekonomi tinggi, harga jual di petani berkisar Rp 30 – 35 ribu per kg.

Lengkeng varietas Kateki

Pada saat penyaluran bantuan dan kunjungan lapang ke penerima bantuan benih di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Kasubdit Produksi dan Kelembagaan Benih Hortikultura, Dessi Rahmaniar menghimbau agar kelompok tani segera menanam benih yang sudah diterima dan melakukan pemeliharaan secara rutin.

- Advertisement -

“Kelompok Tani Sumber Urip, Dukuh Krasak, Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri adalah kelompok tani yang beruntung mendapat bantuan pemerintah berupa benih lengkeng unggulan ini, dengan demikian segeralah menanam,” imbuh Dessi.

Pada kesempatan sama Kepala Seksi Produksi dan Usaha Hortikultura DKPP Kabupaten Jepara, Zumiyarsih juga menyampaikan bahwa akan melakukan pendampingan dan pembinaan intensif budidaya lengkeng di Kabupaten Jepara.

Joko, PPL Kecamatan Bangsri Joko menyatakan, “Potensi lahan di Kecamatan Bangsri masih terbuka untuk pengembangan tanaman buah komersial karena sebagian besar petani mulai ke komoditas buah. Diharapkan dengan ada bantuan benih ini, akan terbangun sentra lengkeng di Kabupaten Jepara.”

Ketua Kelompok Tani Sumber Urip, Ali Utomo mengaku sangat senang dengan bantuan benih lengkeng sejumlah 818 batang ini.

“Tiga atau empat tahun ke depan nanti Insya Allah lengkeng panen raya, kami harapkan Bapak Dirjen dan Bapak Direktur dapat hadir panen perdana di Desa Bangsri. Kami yakin produktivitas lengkeng mampu mengangkat ekonomi masyarakat pedesaan,” jelas Ali.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER