Juara Dunia Lari 100 Meter, Zohri Bantah Tak Ada Pihak yang Membantunya

Lalu Muhammad Zohri disambut Menpora Imam Nahrawi saat tiba di Bandara Soetta

MONITOR, Jakarta – Lalu Muhammad Zohri langsung menjadi buah bibir setelah berhasil menjadi juara dunia lari nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, di Finlandia, beberapa waktu lalu. Ada yang menyebut, prestasi Zohri itu tanpa bantuan dari pihak manapun.

Namun anggapan Zohri berangkat ke Finlandia dengan modal seadanya terbantahkan. Zohri sendiri yang mengatakan, jika pemerintah dan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) punya andil dalam mencapai prestasi yang mengharumkan nama bangsa itu.

Itu diungkapkan Zohri saat tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (17/7) malam. Kedatangan sprinter asal Nusa Tenggara Barat (NTB) disambut sejumlah kalangan termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

“Terima kasih atas dukungan pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia, karena doa kalian semua saya bisa seperti ini,” ungkap Zohri sambil menitikkan air mata.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga turut membantu Zohri melalui pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP) NTB). Zohri juga berterima kasih kepada Ketua Umum PB PASI Bob Hasan yang selama ini memberikan perhatian serius atas bakatnya sebagai sprinter andal Indonesia.

Capaian memang fenomenal di kejuaraan dunia U-20. Dia mencatatkan sejarah pertama kalinya pelari Indonesia masuk peta persaingan dan lolos dari penyisihan sampai final. Menariknya, catatan waktu Zohri terus naik.