Komisi XI DPR Maklumi Pemerintah Tak Ajukan APBN Perubahan 2018

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan, selama penerimaan negara masih balance dengan postur anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), maka selama itu tidak perlu dilakukan perubahan.

Hal itu terkait dengan sikap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mengatakan pemerintah tidak akan mengajukan perubahan terhadap APBN 2018.

“Sepanjang penerimaan negara masih balance dengan APBN maka sepanjang itu pula apbn dapat dianggap up to date (tidak perlu diubah),” kata Hafisz saat dihubungi MONITOR, Rabu (9/5).

Lebih lanjut, ketika ditanyakan pandangannya dalam melihat kondisi APBN 2018 dengan realitas ekonomi nasional saat ini?. Ia hanya mengingatkan setidaknya ada tiga hal yang kemudian harus dijaga oleh pemerintah.

“Yang penting pemerintah harus terus mengatur keseimbangan export dan import agar terus positif, dan menjaga daya beli masyarakat jangan sampai turun,”ujar politikus PAN.

“Juga situasi politik harus terus dijaga jangan sampai timbul isue-isue yang kontraproduktif sehungga dapat menggoyang stabilitas politik,” sebut dia.

Oleh karena itu, Hafisz menegaskan jika tiga hal tersebut dapat dijaga oleh pemerintah maka kondisi ekonomi akan dalam kondisi membaik.

“Kondisi ekonomi kita sebetulnya sudah baik, tinggal di maintain saja insyaallah aman. Jika 3 hal tersebut terjaga insyaallah tekanan ekonomi global akan teratasi pula dengan baik,” pungkasnya.