Selasa, 30 April, 2024

BNPT Dinilai Sukses Hadirkan Situasi Kondusif di Momen Idulfitri 1445 Hijriah

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin menilai Badan Nasional Penanggulana Terorisme (BNPT) telah berhasilkan hadirkan situasi kondusif di momen Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Hal itu terbukti tidak adanya gangguan terorisme dan radikalisme dalam menyambut perayaan suci Umat Islam ini.

“Kami memberikan penghargaan kepada BNPT karena melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga ancaman dan gangguan terorisme maupun radikalisme tidak terjadi pada lebaran kali ini,” kata Sarifuddin, kepada media, di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Menurut Sarifuddin, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terhitung kondusif pada lebaran tahun ini. Masyarakat, ia melanjutkan, bisa menjalankan ibadah tanpa satu pun gangguan, termasuk dari ancaman terorisme dan radikalisme.

Situasi itu, kata Sarifuddin, bisa terjadi karena upaya pencegahan yang dilakukan BNPT mampu mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan tersebut.

- Advertisement -


“Walaupun upaya itu secara keseluruhan memang belum efektif dan optimal, tapi sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sarifuddin pun berharap seluruh aparat keamanan selalu waspada dan tetap mengantisipasi bahaya terorisme maupun radikalisme pada setiap momen, tidak hanya saat lebaran saja. “Dan (BNPT) harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya terorisme dan radikalisme,” ucap dia.

Sebelumnya, Kepala BNPT, Mohammed Rycko Amelza Dahniel, mengimbau seluruh jajarannya untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terhadap segala bentuk radikalisme dan terorisme, terlebih menjelang momentum mudik dan juga Hari Raya Idulfitri 1445 H.

“Optimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terutama dalam momen lebaran,” kata Rycko dalam keterangan tertulis kepada media, di Jakarta, Jumat (5/4/2024).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER