Selasa, 21 Mei, 2024

Andre Rosiade Apresiasi Kinerja Pelayanan Jasa Marga dalam Mengelola Arus Mudik dan Balik Hari Raya Idulfitri 1445H

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan kesiapan pelayanan operasional arus balik periode Hari Raya Idulfitri 1445H/Tahun 2024 yang diprediksi akan mulai meningkat pada H+2 s.d H+4 Hari Raya Idulfitri 1445H/Tahun 2024 atau pada Sabtu-Senin, 13-15 April 2024, dalam tinjauan Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Pos Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada Sabtu (13/04).

Hadir dalam agenda tersebut Direksi Jasa Marga yaitu Direktur Utama Subakti Syukur, Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Bisnis Reza Febriano dan Direktur Pengembangan Usaha M. Agus Setiawan.

Di depan awak media, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyampaikan tujuan kunjungannya yaitu untuk melihat kesiapan Jasa Marga dalam melayani arus balik Hari Raya Idulfitri 1445H. Ia menyampaikan apresiasi atas upaya Jasa Marga yang selalu berkoordinasi dengan segenap stakeholder seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK yang telah sukses dalam melayani arus mudik beberapa waktu yang lalu sehingga tidak terjadi kepadatan yang terlalu berarti.

“Baru saja saya mendapatkan informasi mengenai kesiapan Jasa Marga untuk menghadapi arus balik, dengan koordinasi yang telah dijalankan, Jasa Marga sudah sangat siap untuk menghadapi arus balik di antaranya dengan menyiapkan jalur contra flow hingga 3 lajur sesuai kondisi lalu lintas beserta kelengkapannya serta akan ada safety car yang berkolaborasi dengan Kepolisian. Hal yang tidak kalah penting, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dengan memastikan kondisi selalu fit. Agar perjalanan lancar, kami juga mengimbau pemudik untuk mematuhi aturan dan rambu, khususnya saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas agar mengikuti arahan dari petugas,” ujar Andre.

- Advertisement -

Selain itu Andre juga mengapresiasi upaya Jasa Marga yang memberikan potongan tarif tol sebesar 20% untuk mendistribusikan lalu lintas arus balik yang puncaknya diprediksi terjadi pada Senin, 15 April 2024. Menurutnya langkah ini juga menjadi salah satu solusi antisipasi lonjakan volume lalu lintas pada periode arus balik.

“Kami juga telah mendengarkan rekomendasi dari segenap stakeholder yang terlibat untuk menyarankan diberlakukan Work From Home (WFH) sehingga pemudik dapat menunda kepulangan serta memanfaatkan potongan tarif tol. Selain itu kami juga meminta bantuan teman-teman media agar dapat terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait informasi-informasi yang penting agar pemudik dapat mengatur waktu perjalanan,” ujar Andre.

Sementara itu Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sehingga Jasa Marga dapat mengawal pelaksanaan operasional arus mudik dan terus meningkatkan pelayanan untuk menghadapi arus balik.

“Untuk menghadapi arus balik, kami telah mempersiapkan upaya peningkatan layanan baik di gerbang tol maupun di jalur. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait yaitu, Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK sehingga dapat mengawal pelaksanaan arus balik secara menyeluruh,” tutup Subakti.

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan, di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER