Maruarar Sirait Klaim Kaderisasi di PDIP Tak Pernah Instan

Politikus PDIP Maruarar Sirait (dok: kumparan)

MONITOR, Jakarta – PDI Perjuangan telah mengusung para kadernya untuk maju di pertarungan pilkada. Beberapa kemenangan yang dicapai partai berlambang banteng itu, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait.

Ara, demikian sapaannya, mengatakan bahwa kemenangan yang diraih calon kepala daerah tersebut merupakan wujud kemenangan rakyat.

“Keberanian PDIP mengusung kadernya di hampir semua wilayah menunjukkan bahwa PDI Perjuangan telah menjalankan fungsi kepartaian dengan baik,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (1/7).

Ara menambahkan, kaderisasi di PDI Perjuangan tidak pernah instan karena seseorang selalu melewati proses panjang sebelum dicalonkan menjadi kepala daerah. Sebagaimana cara PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, yang sebelumnya menjabat jadi anggota DPR 2 periode.

Begitu halnya yang terjadi dengan mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dan Presiden Joko Widodo. Atas pencapaian partainya, Maruarar yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menilai partai politik yang berhasil adalah partai yang sukses memproses dan menciptakan para pemimpin bukan hanya membaca situasi.

“Melihat figur yang berpeluang untuk kemudian didukung tanpa memperhatikan aspek ideologis, loyalitas dan pendidikan politik di partai,” terangnya.